Pengalihan Arus Lalu Lintas Pembangunan Jembatan Baru Ploso Jombang hingga Lebaran

Ilustrasi Rekayasa Arus Lalin Pembangunan Jembatan Ploso Jombang
Ilustrasi Rekayasa Arus Lalin Pembangunan Jembatan Ploso Jombang
  • Whatsapp

PLOSO, KabarJombang.com – Pemberlakuan pengalihan arus lalu lintas, karena adanya pemasangan tiang pancang pengerjaan proyek jembatan baru Ploso, Kabupaten Jombang berlaku mulai, Sabtu 27 Maret hingga Mei 2021.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto mengatakan untuk rekayasa lalu lintas hingga lebaran 2021 yakni dari berbagai arah yang menuju area pembangunan jembatan baik dari arah Gedeg Mojokerto, Babat, maupun dari arah Jombang sendiri.

Baca Juga

“Pengalihan arus sementara ini Alhamdulillah aman dan lancar. InsyaAllah sampai lebaran nanti, tidak ada keluhan dari masyarakat. Pengalihan itu hanya dari arah Gedek saja. Karena kan pembangunannya bertahap,” ujarnya sembari menerangkan rekayasa lalu lintas kepada KabarJombang.com, Kamis (1/4/2021).

Ucapan KFM
iklan podcat Jombang
iklan Ramadhan bkad Jombang
iklan Ramadhan disdik Jombang
iklan Ramadhan Pupr Jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
iklan Ramadhan Satpol PP Jombang
iklan bank jombang kredit
iklan bank jombang nabung
iklan bank jombang

Pengalihan arus kendaraan yang melintas dari arah Surabaya-Mojokerto khususnya kendaraan berat menunju ke Lamongan dan Bojonegoro, akan dialihkan dari simpang 3 Tapen ke jalan raya Tapen lurus menuju ke arah Kabuh. Kemudian keluar di simpang empat Kabuh, begitu juga arah sebaliknya.

Sementara itu, untuk kendaraan kecil dari arah Surabaya-Mojokerto yang menuju ke Lamongan atau Bojonegoro akan dialihkan dari simpang 3 MI Ploso, simpang 3 jalan Joyolengkoro lurus ke jalan dr Soetomo dan keluar di simpang 4 Bawangan, Ploso. Begitu juga arus lalu lintas dari arah sebaliknya.

Sedangkan, untuk arah Lamongan untuk kendaraan kecil seperti sepeda motor dan mobil pribadi menuju Jombang, akan dialihkan dari simpang 4 Bawangan, menuju jalan raya Tanjungwadung ke simpang 4 balai desa Tondowulan lurus Puri keluar simpang 3 Polsek Plandaan. Untuk yang menuju Nganjuk bisa belok kanan sedangkan jika menuju arah Jombang kendaraan belok ke kiri melalui jembatan lama.

Untuk kendaraan besar dari arah Lamongan yang akan menuju ke Jombang dialihkan dari simpang 4 Kabuh lurus ke jalan raya Tapen-Kabuh-jalan raya Kudu ke jalan raya Gedek masuk pintu tol Gedek keluar pintu tol Tembelang.

Dan untuk arus lalu lintas dari Jombang menuju ke Lamongan atau Bojonegoro, untuk kendaraan kecil seperti motor serta mobil pribadi. Setelah melewati jembatan Ploso lama, dialihkan ke simpang 3 Polsek Plandaan, menuju Puri ke simpang 4 balai desa Tondowulan-jalan raya Tanjung Wadung-simpang 4 Bawangan-jalan raya Kabuh-Babat.

Begitupun untuk kendaraan besar yang akan menuju ke Lamongan atau Bojonegoro dialihkan menuju pintu tol Tembelang keluar pintu tol Gedek. Ke jalan raya Gedek lurus ke jalan raya Kudu dan simpang 3 Tapen keluar di simpang 4 Kabuh.

Terakhir, dari arah Nganjuk menuju Mojokerto atau Surabaya dialihkan ke simpang 3 Polsek Plandaan menuju Puri, lanjut simpang 4 balai desa Tondowulan, jalan raya Tanjung Wadung, simpang 4 Bawangan. Belok ke jalan raya Kabuh lurus simpang 4 Kabuh, jalan raya Tapen-Kabuh keluar di simpang 3 Tapen keluar jalan raya Kudu lurus ke arah Gedek, Mojokerto.

“Jadi, sementara ini belum ada perubahan. Untuk seterusnya peralihan akan seperti itu sampai lebaran, dan arah dari Pos Polisi ke kiri itu, ke arah Kabuh masih buka total tidak mengganggu pekerjaan. Kalau yang arah dari tol Gedek yang menuju Lamongan itu yang ditutup,” ungkap Rudi.

Sementara Kanit Lantas Polsek Ploso, AKP Wardi mengatakan jika jembatan Ploso bukan ditutup tetapi arus lalu lintasnya yang dialihkan.

“Sejauh ini tidak ada macet dan lancar. Paling-paling kalau macet itu karena ada pengerukan dipertigaan sana sekitar 5 menit hingga 10 menitan,” kata AKP Wardi saat ditemui di Polsek Ploso, Jombang.

Berdasarkan pantauan di Jalan Raya Ploso, Jombang arus lalu lintas lancar dan tidak terdapat kemacetan yang padat. Peralihan arus lalu lintas tersebut akan dilakukan hingga bulan Mei 2021 mendatang.

Infografis Rekayasa Arus Lalin Pembangunan Jembatan Ploso Jombang
Infografis Rekayasa Arus Lalin Pembangunan Jembatan Ploso Jombang

Berita Terkait