Pelihara Ikan Cupang Bisa Merilekskan Diri

Manfaat pelihara ikan cupang. (Foto: Anggraini) 
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com- Memelihara beragam ikan hias termasuk ikan cupang ternyata bisa memberikan manfaat. Salah satunya adalah bisa kurangi stres hingga sebagai obat merilekskan diri.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, banyak membuka peluang masyarakat dalam mengembangkan hobi dan kegemaran baru. Salah satunya adalah memelihara ikan.

Baca Juga

Hal ini terbukti dengan meletakkan akuarium berisi ikan cupang dalam lingkungan dengan intensitas stres tinggi seperti kantor dapat menurunkan tingkat stres para karyawan. Bahkan bisa meningkatkan produktivitas pada karyawan dengan kadar stres yang rendah.

Efek suara aliran air, gelembung, gelombang laut yang ditaruh di akuarium dapat menambah sensasi tenang.

Studi yang dilakukan pada akhir 90-an telah membuktikan bahwa akuarium berisi ikan dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan. Sebab manusia merupakan makhluk yang sangat bergantung pada air. Sehingga dari bawah sadarnya akan merasa terhibur ketika berada di dekat air.

Selain itu, ada bukti dari studi ilmiah yang menyebut bahwa terdapat manfaat pelihara ikan cupang di akuarium. Daya tarik utama dan kelebihan ikan cupang adalah siripnya yang menjuntai indah dan berwarna-warni.

Ketika berenang ia seakan menari mengikuti gerakan air. Ikan cupang termasuk hewan yang bergerak aktif sehingga sangat menyenangkan ketika dilihat.

Perawatan ikan cupang juga cukup murah dan mudah, bahkan tidak sulit bagi pemula yang baru saja mulai memeliharanya.

Sedangkan, menurut Krista Keller, seorang dokter hewan di Rumah Sakit Pendidikan Hewan Universitas Illinois di Urbana, Amerika Serikat, yang merupakan spesialis bersertifikat dalam pengobatan zoology.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan cupang atau ikan hias. Yakni tempat ikannya, temperatur air, waktu makan, perasaan ikannya apakah kesepian atau tidak.

Karena ikan cupang merupakan ikan hias yang spesial atau biasa disebut ‘ikan petarung’.

Berikut manfaat memelihara ikan cupang:

  1. Memberikan Inspirasi dan Ide

Sembari melihat ikan hias seperti cupang yang sedang berenang dengan tenang dapat menciptakan kedamaian. Sehingga dapat memunculkan inspirasi dan ide, selain itu juga memicu kreativitas dalam melakukan sesuatu.

  1. Memberikan Kesejukan Saat Melihatnya

Membuat orang saat melihatnya merasakan kesejukan. Karena air membawa kesejukan bagi siapapun dan gerakan ikan hias di akuarium atau kolam dapat membuat seperti ada di dalam air.

  1. Membersihkan Pikiran dan Menetralkan Perasaan

Dapat menjernihkan dan menetralisir pikiran. Hal ini saling terkait dengan kesehatan mental, misalkan saja saat merasa bosan atau stres, cobalah untuk melihat ikan hias warna-warni yang sedang berenang dalam air di akuarium.

Hal tersebut dapat menjadi salah satu pelarian dari pikiran kamu serta hiburan yang murah. Gerakan alami ikan yang mengalir dengan tenang akan mengendurkan saraf sehingga terasa damai, membenamkan hati dan pikiran menuju kebahagiaan dan menjadi obat stres yang manjur.

  1. Menambah Keindahan Ruangan

Dapat menambah keindahan ruangan, dengan aksesori menarik dan lampu berwarna cerah sebagai penghias akuarium serta ditambah air mancur untuk kolam sehingga tidak pernah merasa jenuh saat berada di ruangan tersebut.

  1. Menambah Hobi dan Menghasilkan Keuntungan

Memelihara ikan hias seperti cupang juga menambah hobi baru bagi penggemarnya serta keuntungan bagi para pemelihara ikan yang sudah mahir merawatnya. Karena memelihara ikan yang terampil harus sudah mengetahui cara membudidayakan ikan.

Semakin banyak ikan berkembang biak semakin banyak keuntungan yang didapat saat menjualnya kepada orang lain.

 

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait