Categories: Peristiwa

Mengenang Jasa Santri, Ribuan Santri Banjiri Alun-alun Jombang

KABARJOMBANG.COM – Ribuan santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Jombang, membanjiri Alun-alun Jombang, Minggu (22/10/2017) pagi. Dengan pakaian ala santri, mereka merayakan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober 2017.

Dibuka dengan upacara perayaan Hari Santri, kota yang memiliki sebutan kota santri ini, menjadi pelopor perayaan hari santri dengan berbagai kegiatan. Sejumlah kegiatan, seperti pawai hingga upacara santri dilaksanakan.

Menurut data di lokasi, sebanyak 22 ribu lebih santri melakukan kirap dengan berjalan dari Alun-alun menuju Gedung Olahraga (Gor) Jombang.

Menurut Didin Ahmad Shalaudin, salah satu santri mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional merupakan memomen istimewa untuk mengenang kembali sejarah perjuangan para santri dalam merebut Kemerdekaan Republik Indonesia.

Oleh para santri inilah, pertempuran 10 November di Surabaya pada tahun 1945 terjadi. Dengan penuh perjuangan, para santri akhirnya berhasil memukul mundur sekutu. Sementara, Jenderal Pasukan Inggris, Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sohthern (AWS) berhasil dibunuh.

“Dengan peringatan hari santri ini, para santri bisa memantapkan tekadnya untuk terus berjuang baik dalam tugasnya menempuh pendidikan maupun menjaga NKRI,” pungkasnya. (aan/kj)

Leave a Comment
Share
Published by
Arief Anas