Jelang Ramadan, Tradisi Rutin Bersihkan Makam dan Tahlil Bersama di Brambang Diwek Jombang

Warga Dusun Legarang, Diwek, Jombang, saat melakukan tradisi jelang Ramadan di makam setempat. (Diana KN).
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com- Tradisi jelang bulan Ramadan banyak hal dilakukan warga. Sebagaimana yang dilakukan warga Dusun Legarang, Desa Brambang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Mereka melakukan bersih-bersih dan tahlil bersama di makam setempat.

Tradisi tersebut menjadi kegiatan rutin warga setempat untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang sangat dinantikan umat Islam.

Baca Juga

ucapan idul fitri kapolres jombang
ucapan idul fitri sadarestuwati
ucapan idul fitri PUPR
ucapan idul fitri Bappeda Jombang
Ucapan Idul Fitri Jombang
iklan bank jombang kredit
ucapan idul fitri BPKAD jombang
ucapan idul fitri BKDPP jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
ucapan idul fitri Disdik jombang
ucapan idul fitri dishub jombang
ucapan idul fitri PKB
ucapan idul fitri kemenag jombang
ucapan idul fitri satpol pp jombang

“Kalau bersih makam biasanya juga dilakukan masing-masing ahli waris yang dimakamkan. Tapi karena ini menyambut bulan Ramadan, kerja bakti ini menjadi rutinan tradisi kita menyambut bulan puasa,”tutur Kepala Dusun Legarang, Urip Arifin pada KabarJombang.com Minggu (4/4/2021).

Selain melakukan kerja bakti dengan membersihkan makam para pendahulu warga setempat. Juga akan digelar tahlil bersama yang dilakukan pada beberapa hari menjelang puasa Ramadan.

“Nanti pas megengan atau sudah mendekati mau pelaksanan puasa ada tahlil kubro yang juga diikuti seluruah warga dusun untuk sama-sama mendoakan para pendahulu,”katanya.

Hal tersebut diungkapkannya selain menjadi tradisi yang selalu ada, juga agar tercipta guyub rukun diantara warga untuk keharmonisan dusun tersebut.

“Selain ini sebagai tradisi, kegiatan seperti ini juga bisa dijadikan ajang guyub rukun dengan semua warga dan kita jalin kebersamaan agar harmonis,”ungkapnya.

Meski masih dalam pandemi Covid-19, menurut Urip bukan menjadi suatu halangan untuk melakukan tradisi jelang Ramadan. Karena setiap orang juga diwajibkan bermasker dan menjaga protokol kesehatan.

“Sama kayak tahun kemarin, kita juga ada kegiatan seperti ini. Alhamdulillah warga juga patuh menjaga prokesnya, dan semua juga bermasker agar tidak ada penularan Covid-19,”tandasnya.

Selain melakukan tahlil bersama jelang Ramadan, di dusun tersebut juga dilakukan tahlil kembali di makam saat akan menjelang lebaran. Hal ini selain untuk mendoakan juga sebagai simbol sowan kepada para pendahulu agar kembali fitri di Hari Raya Idul Fitri.

 

Berita Terkait