PDIP Jombang Salurkan Bantuan, Harapkan Pemkab Segera Atasi Banjir Kesamben

DPC PDIP Jombang salurkan bantuan ke warga yang terdampak banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben. (Foto: Istimewa)
  • Whatsapp

KESAMBEN, KabarJombang.com – Puluhan anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Jombang, menyalurkan bantuan berupa nasi kotak dan sembako pada warga terdampak banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, pada Kamis (14/1/2021).

Ketua Baguna (Badan Penanggulangan Bencana) PDIP Jombang, Muhammad Sholeh mengatakan, penyaluran bantuan tersebut merupakan melakukan aksi kepedulian kepada warga terdampak banjir, yang hingga 14 hari belum juga surut.

Baca Juga

“Bantuan yang tersalurkan hari ini berupa nasi kotak sejumlah 300 dan sembako 55 bungkus. Kami menyadari tidak bisa mengatasi permasalahan banjir, namun kami sedikit membantu saudara-saudara kita yang terdampak banjir,” ungkapnya.

Aksi kepedulian ini merupakan aksi yang kali kedua. Sebelumnya, Baguna PDIP Jombang telah menggelar aksi solidaritas pada 10 Januari 2020 dengan memberikan nasi kotak sejumlah 250 dan tumpeng.

“Tolong untuk pihak terkait yang punya kuasa dan ahlinya dalam bidang banjir, bagaimana caranya mengatasi ini. Tidak hanya rumah yang terendam banjir, tapi lahan persawahan warga juga terdampak,” katanya.

Pihaknya menyebut tanaman warga yang baru ditanam itu rusak terendam banjir. Bahkan pihaknya menyebut luasan lahan sawah di Kecamatan Kesamben lebih dari 800 hektar terendam banjir.

“Lahan terimbas itu belum lagi di Kecamatan Tembelang dan Megaluh. Hanya saja Dusun Beluk, Desa Jombok ini langsung berhimpitan dengan sungai avur Watudakon,” tambahnya.

Banjir yang sudah sejak puluhan tahun itu, dikatakan terjadi pada tahun 2009 namun air hanya sebatas di jalanan. Dan banjir mulai masuk rumah warga sejak tahun 2014.

“Saat ini sudah tahun 2021 itu bukan waktu yang pendek, rupanya tanpa ada penyelesaian. Ya kami berharap semoga ini banjir cepat surut,” pungkas Ketua Baguna sekaligus warga Jombok ini.

INSTAGRAM

Berita Terkait