Pandemi Belum Terkendali, Kadisdikbud Jombang Minta Kesehatan Peserta Didik Lebih Diutamakan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, Agus Purnomo. (Foto: Anggit Puji Widodo)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Peran aktif orang tua dalam pengawasan peserta didik yang menjalani proses belajar dengan metode dalam jaringan (daring) ditengah pandemi yang berlangsung, menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Dispendikbud, Agus Purnomo menjadi sangat penting. Disampaikan dia, dalam hal infrastruktur, metode online tersebut secara umum tidak menemui kendala.

Meski ditengah pandemi, pihaknya mengaku lebih siap dibandingkan dengan tahun kemarin. “Prinsipnya kita siap berdasar evaluasi tahun kemarin. Dari sana kita tahu kekurangan dan kita sempurnakan dengan metode daring. Namun yang terpenting adalah peran orang tua,” kata Kepala Dispendikbud, Agus Purnomo, jumat (17/7/2020).

Baca Juga

Agar bisa mencapai hasil maksimal, lanjut dia, diharapkan adanya sinergitas lebih antara pihak sekolah dan orang tua. “Peran serta orang tua dalam hal pengawasan selama proses pembelajaran peserta didik berlangsung, itulah yang harus ditingkatkan,” tandas Agus panggilan akrab dia.

Menyikapi wilayah yang sulit terjangkau dengan sinyal serta masih tingginya angka pasien terkonfirmasi positif virus corona, Agus menyebut memiliki kiat tersendiri. Para guru akan mendatangi rumah peserta didik yang masuk kategori sulit sinyal. Peserta didik inilah, yang menjadi prioritas dengan pembelajaran dirumah secara offline.

Prestasi peserta didik, lanjut Agus, bisa dikejar dengan syarat utama memiliki tubuh yang sehat. “Saat ini posisi Jombang angka terkonfirmasi positif corona masih cukup memprihatinkan jadi kesehatan yang kami utamakan. Kesehatan mereka yang utama, nantinya para guru dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang tinggi, bakal mendatangi mereka dalam kurun waktu tertentu. Kalau masalah tertinggal pelajaran itu bisalah dikejar, sehat dulu baru ngomong lainnya,” ujar dia memungkasi.

INSTAGRAM

Berita Terkait