PAC Abpednas Perak Dilantik, Kepala DPMD: Pengawasan BPD Selamatkan Kades

Prosesi pelantikan PAC Abpednas Kecamatan Perak. (Foto: Istimewa).
  • Whatsapp

PERAK, KabarJombang.com – Pengurus Anak Cabang (PAC) Abpednas (Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional) Kecamatan Perak, Jombang, Selasa (29/9/2020) dilantik Ketua DPC Abpednas Jombang Abdul Wakhid di Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Perak.

Selain dihadiri Camat Perak, Samsul Arifin bersama anggota Forkopimca, juga dihadiri sejumlah Kepala Desa dan mayoritas anggota Ketua dan anggota BPD se Kecamatan Perak. Hadir pula Kepala DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Jombang, Sholahudin.

Baca Juga

Ketua PAC Abpednas Kecamatan Perak, Sholikin yang baru dilantik mengatakan, sebagai anggota BPD harus tahu tugas pokok dan fungsinya (tupoksi).

“BPD harus bersinergi dengan pemerintah desa. Sebagai fungsi pengawasan, BPD harus berani katakana benar jika benar. Dan katakana salah jika salah terhadap pemerintah desa,”ujar Sholikin dalam sambutannya usai dilantik.

Kepada pihak DPC Abpednas Jombang, Sholikin meminta agar diberi bekal berupa peningkatan kapasitas anggota BPD. “Pembekalan berupa pelatihan, agar anggota BPD dalam kinerjanya sesuai dengan tupoksinya,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Glagahan, Kecamatan Perak, Arifin yang memberi sambutan mewakili kades di kecamatan Perak, menyambut baik berdirinya  PAC Abpednas Perak.

Menurutnya, BPD adalah mitra pemerintah desa, kepala desa tak mampu bekerja perlu bantuan BPD. “Kades dan BPD pegatan (berpisah) jelas innalillahi. Nah, meski mitra jika ada penyelewengan ingatkan, “tandas Arifin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jombang, Sholahudin mengatakan, pengawasan yang dilakukan BPD adalah menyelamatkan pemerintah desa.

“Pahami tupoksi BPD, kontrol yang dilakukan BPD adalah menyelamatkan kepala desa dan perangkat desa,”tandas Sholahudin.

Karena itu, Sholahudin meminta agar BPD dan Pemdes bersinergi. “Jika bersinergi, insya Allah bantuyan akan banyak ke desa, “pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Abpednas Kabupaten Jombang, Abdul Wakhid juga menegaskan jika keberadaan Abpednas dengan pemerintah desa semakin mempererat sinergi.

“BPD adalah mitra pemerintah desa, karena itu jangan sampai terjadi singkur-singkuran. Adanya Abpednas menjadi mitra pemerintah desa. Semakin kuat kebersamaan, semakin besar keberhasilan dalam pembangunan untuk kesejahteraan kita bersama pula, “pungkas Wakhid.

INSTAGRAM

Berita Terkait