Kasus Covid-19 Tak Kunjung Mereda, Apartemen Mahasiswa Unipdu Jadi Tempat Isolasi OTG

Apartemen Mahasiswa Unipdu. (Foto: Istimewa)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Jombang memastikan akan memakai gedung Apertemen Mahasiswa (Aparma) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) sebagai tempat isolasi pasien pemulihan Covid-19.

Langkah itu diambil menyusul angka kasus Covid-19 yang tak segera menurun.

Baca Juga

Koordinator Bidang Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jombang, dr. Pudji Umbaran, mengatakan, gedung Aparma Unipdu di Jalan Jati Park, tepat di belakang RS Unipdu Medika, Desa Tambar, Kecamatan Jogoroto mulai Selasa (30/6/2020) besok akan dipakai tempat isolasi.

“Aparma akan dijadikan tempat isolasi baru untuk pemulihan pasien dalam hal ini OTG (Orang Tanpa Gejala). Dan gedung bisa digunakan mulai besok,” jelas Pudji, Senin (29/6/2020).

Untuk petugas medis di tempat isolasi itu, Pudji yang juga direktur RSUD Jombang itu mengatakan, barasal dari dua rumah sakit. “Pengampunya RSUD Ploso dan RS Unipdu,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Yayasan Unipdu Jombang, KH. Zaimuddin As’ad mengatakan, ada 33 ruangan Aparma Unipdu yang siap digunakan untuk tempat isolasi pemulihan.

Dia katakan, calon penghuninya adalah OTG atau pasien dari rumah sakit yang keadaannya sudah stabil dan tidak menunjukkan gejala.

“Jadi ini untuk pasien yang sudah sembuh, untuk recovery (pemulihan). Tidak ada komorbid (penyakit penyerta) pada penghuni itu, dan hanya menunggu hasil tes swab,” terang Kiai Zaimuddin.

Selain menyediakan ruangan, lanjutnya menjelaskan, pihak yayasan juga menyediakan fasilitas berupa jaringan internet dan aplikasi pendukung. Dengan fasilitas itu, individu yang manjalani isolasi bisa tetap berkomunikasi secara baik dengan keluarganya.

“Insyaallah mulai besok. Setelah surat penetapan dari Bupati terbit,” pungkasnya.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait