Jaga Sinergitas, Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim Silaturahim ke Jombang

Pangdam Brawijaya dan Kapolda Jatim, serta Wabu Jombang, Sumrambah saat berziarah Makam Gus Dur, di Tebuireng. (Foto: Anggit) .
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Kunjungi tiga tempat di Kota Santri Jombang. Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, Senin (30/11/2020), guna silaturhim dan memperkenalkan diri.

Dalam wawancara bersama awak media, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto mengatakan,  niatnya datang ke Jombang bersama Kapolda Jatim yang baru untuk silaturahmi,  koordinasi dan kolaborasi.

Baca Juga

“Sudah bukan suatu hal yang istimewa apabila pada sore ini kami berdua diniatkan jauh-jauh hari untuk menyempatkan waktu berkunjung ke Pondok Pesantren Tebuireng. Isinya kami memperkenalkan diri dan kami bersilaturahmi,” ucapnya.

Pangdam  juga menjelaskan, sebagai perwira yang sudah banyak makan asam garam. Dirinya meyakini bahwa salah satu keberhasilan dalam pelaksanaan tugas adalah adanya sinergi yang solid dari komponen bangsa.

“Sudah 30 tahun kami bertugas. Kami menyakini bahwa salah satu keberhasilan dalam pelaksanaan tugas tentu saja kita harus bisa bersinergi solid dengan seluruh komponen bangsa khususnya Jawa Timur,” jelasnya.

Pangdam menambahkan, Jatim merupakan provinsi yang kental akan masyarakatnya yang agamis dan pondok pesantren.

“Khususnya di Jombang, yaitu Pondok Pesantren Tebuireng, adalah salah satu pondok yang sepanjang sejarah sudah terbukti sejak zaman kemerdekaan selalu mendukung NKRI,” tandasnya.

Dikatakan, dalam lawatannya ke Kota Santri ini tidak ada kepentingan lain. Melainkan sebatas keluarga yang ingin saling menjaga.

“Sifatnya adalah bukan apapun tidak ada kaitan apalagi dengan politik. Kami hanya sebagai anak sebagai adik, ingin memberikan perhatian kepada orang tuanya kepada kakaknya,” terangnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim yang baru, Irjen Pol Nico Afinta, juga menyampaikan hal senada. Lawatan keduanya merupakan bagian dari sinergi TNI – Polri.

“Sebagai orang baru di Jatim, kami mohon doa restu supaya bisa masuk dengan baik sehingga siap bersinergi dengan para alim ulama serta seluruh warga Jatim khususnya yang ada disini,” ujar Kapolda.

Kapolda meyakini, sinergitas merupakan aplikasi dari koordinasi, kolaborasi. Dalam hal itu, menurutnya bisa dilakukan oleh semua pihak.

“Kemudian kami siap bersinergi antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah untuk menjaga Jatim kedepannya,” bebernya.

Iring-iringan rombongan Pangdam dan Kapolda tiba di PP Tebuireng sekitar pukul 14.30 WIB yang kemudian disambut  Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin.

Wakil Bupati Sumrambah, Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho serta Kepala kejaksaan Negeri Jombang, Yulius Sigit Kristanto menuju ke dalam kesepuhan pondok.

Usai dari kesepuhan, rombongan kemudian ziarah ke makam muasis di area makam Tebuireng Jombang. Selain ke Tebuireng, iring-iringan kemudian menuju kedua tempat lainnya yaitu PP Tambarberas dan juga Mapolres Jombang.

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait