Jadi Tempat Isolasi, Aparma Unipdu Juga Siapkan Binaan Spiritual Bagi Pasien

Gus Ufik saat diwawancarai wartawan di gedung Aparma Unipdu Peterongan, Jombang.
  • Whatsapp

PETERONGAN, KabarJombang.com – Pasien isolasi yang akan menempati gedung Apartemen Mahasiswa (Aparma) Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, akan mendapat fasilitas lebih. Yakni, pasien akan diberi sentuhan spiritual dari para ustaz dan kiai di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum.

Fasilitas ekstra yang akan diberikan ke pasien isolasi selain fasilitas di gedung Aparma ini, disampaikan Wakil Rektor Bidang Keuangan (Warku) Unipdu Jombang, Zulfikar As’ad. Tujuannya, memotivasi pasien agar bisa cepat sembuh.

Baca Juga

“Akan kita siapkan pembinaan spiritual pada pasien. Untuk memotivasi pasien agar lebih tangguh melawan virus,” ucap Gus Ufik, begitu sapaan akrab Zulfikar As’ad, pada KabarJombang.com, Selasa (30/6/2020).

Rencananya, lanjut Gus Ufik, pasien akan dibekali dengan binaan spiritual setiap dua kali dalam seminggu. Selain spiritual, kegiatan lain seperti kesehatan jasmani seperti olahraga, senam, juga akan diberikan ke pasien.

“Karena nuansa medis tidak begitu kental, maka kita juga berikan spiritual dua kali dalam seminggu. Selain ada juga aktifitas kesehatan jasmani. Dan untuk tenaga medis, tetap dari RS Unipdu dan RSUD Ploso,” kata salah satu Pengasuh di PPDU ini.

Hingga Selasa (30/6/2020), belum ada pasien yang menjalani isolasi di Aparma Unipdu. Menurut Gus Ufik, rencananya akan ada 10 – 20 orang yang akan dibawa pada Rabu (1/7/2020) besok.

“Kesiapannya sudah 100 persen dari SDM dan lainnya. Kita siapkan 30 kamar dan satu kamar diisi dua orang. Jadi kalau ditotal, bisa menampung sampai 60 orang,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, aktivitas di dalam gedung Aparma Unipdu sudah dilakukan relawan dari Unipdu, mulai dari penataan bed atau tempat tidur, hingga kesiapan ruangan yang bersih dan nyaman.

INSTAGRAM

Berita Terkait