Inilah Manfaat Bunga Lidah Mertua Dalam Ruangan

Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria). (Foto: Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Dahulu, tanaman atau bunga Lidah Mertua (Sansiviera) banyak ditanam di rumah-rumah warga. Bahkan, tidak jarang, tanaman jenis ini dijadikan sebagai pagar pekarangan.

Ternyata, tanaman atau bunga yang sekarang jarang ditemukan di kawasan pedesaan ini banyak manfaatnya. Inilah beberapa manfaat Sansiviera alias Lidah Mertua atau snake plant tersebut.

Baca Juga

  1. Menyerap Polutan
    Dari penelitian yang dilakukan NASA Clean Air Study tahun 1989, tanaman Lidah Mertua secara efektif dapat menghilangkan polutan (seperti formaldehyde, xylene, toluene, dan nitrogen oxides). Lidah Mertua bekerja membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daun-nya dan memproduksi oksigen.

Mungkin Mama juga bisa mempertimbangkan untuk menyimpat satu pot Lidah Mertua di kamar tidur karena pada saat tanaman lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari, Lidah Mertua meneruskan memproduksi oksigen.

  1. Mengurangi Sick Building Syndrome
    Apakah Sick Building Syndrome itu? Sick Building Syndrome adalah keadaan dimana ruangan yang ditempati oleh orang-orang memiliki kandungan karbon dioksida (CO2), nikotin, dan efek penggunaan AC yang tinggi. Dengan menempatkan Lidah Mertua di ruangan, zat-zat yang tidak bermanfaat yang merugikan kesehatan kita, dapat dikurangi.
  2. Menetralkan Racun Nikotin
    Pasangan masih berusaha untuk berhenti merokok? Urban Mama bisa menempatkan Lidah Mertua di area tempatnya biasa merokok. Lidah mertua mampu memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi sehingga asap tembakau yang mengandung racun nikotin dapat dinetralisir.
  3. Menyerap Radiasi
    Dari sumber yang saya baca, ternyata Lidah Mertua juga mampu menyerap radiasi. Tempatkan satu pot Lidah Mertua di living room urban Mama, radiasi peralatan elektronik seperti televisi, komputer, dan handphone bisa diserap.
  4. Sebagai Dekorasi Ruangan
    Coba deh Mama intip instagram. Akun-akun Instagram banyak menampilkan ruangan yang cantik dengan penampilan Lidah Mertua di sana. Seketika, ruangan terasa berbeda dengan kehadiran Lidah Mertua.
  5. Mudah diurus
    Lidah Mertua ini sangat mudah diurus! Jangan khawatir bila Mama lupa menyiramnya atau harus pergi beberapa hari ke luar kota. Justru tanaman Lidah Mertua ini tidak boleh sering disiram!

Lidah Mertua akan cepat membusuk dan mati jika sering disiram. Siram sedikit jika tanahnya terlihat kering.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait