Ibu-ibu di Kesamben Jombang Dilatih Bikin Minuman Tradisional Enyahkan Covid-19

Pelatihan pembuatan jamu dan sosialisasi pemberdayaan perempuan dalam pembangunan desa, di desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Sabtu (26/9/2020).
  • Whatsapp

KESAMBEN, KabarJombang.com – Meski pandemi Covid-19 masih belum dinyatakan usai, tak membuat niat ibu-ibu dari Tim Penggerak (TP) PKK Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, tetap menggelar pelatihan, Sabtu (26/2020).

Pelantihannya, justru seputar pembuatan jamu tradisional yang bisa meningkatkan imun tubuh manusia, untuk menangkal Coronavirus Disease 2019. Bertajuk “Pembuatan minuman tradisional dari bahan rempah-rempah”.

Baca Juga

Pesertanya, sebanyak 40 orang, dari berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari ibu rumah tangga, pelaku UMKM, penjual keliling dan online, serta lainnya. Mereka diberi pengetahuan tentang tata cara pembuatan jamu tradisional berkhasiat.

“Undangannya campur, kebanyakan mereka yang pernah jualan online, sebagian juga dari kader,” kata Kepala Desa setempat kepada KabarJombang.com, Sabtu (26/9/2020).

Ketua TP PKK desa setempat mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing perempuan. Sehingga bisa menambah pengetahuan, referensi, sekaligus pundi-pundi perekonomian keluarga.

Untuk bahan-bahannya, lanjutnya, sangat mudah ditemukan. Apabila terpaksa membeli, harganya pun masih terjangkau. Dan yang pasti, kata dia, memiliki kasiat tinggi. Seperti kunyit, temulawak, jahe, dan lainnya.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga diberi sosialisasi tentang pemberdayaan perempuan dalam pembangunan desa.

“Kita memotivasi ibu-ibu untuk ikut serta mengisi pembangunan. Karena perempuan bisa masuk ke semua lini pembangunan, baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan apapun itu,” terang Vivi, salah satu pemateri dari KPI Jombang.

INSTAGRAM

Berita Terkait