HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Sebanyak 255 Penghuni Lapas Jombang Terima SK Remisi

Pamuji, Kasubag TU Lapas IIB Jombang ketika ditemui KabarJombang.com di kantornya.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Sebanyak 257 warga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Jombang, diusulkan mendapat remisi dalam momen HUT Kemerdekaan RI ke-75, 17 Agustus 2020. Dari jumlah tersebut, hanya 2 orang yang belum turun SK-nya. Namun, kedua penghuni Lapas tersebut sudah memenuhi syarat sebagai penerima remisi.

Kasubag TU Lapas Jombang, Pamuji (52) mengatakan, dari jumlah 255 narapidana penerima pengurangan masa tahanan tersebut, sebanyak 191 merupakan tahanan kasus tindak pidana umum. Sedangkan lainnya, yakni 64 orang merupakan narapidana kasus yang terdapat dalam PP 99, antara lain korupsi dan narkoba.

Baca Juga

Pengurangan masa kurungan atau remisi, lanjut Pamuji, diberikan mulai dari 1 bulan hingga 6 bulan. Remisi ini, kata Pamuji, lebih sedikit dibanding tahun lal. Sebab, sebelumnya ada kebijakan asimilasi dari KemenkumHAM.

“Tahun ini, pemberian remisi lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya, karena sebelumnya sudah ada asimilasi pandemi Covid-19. Dan dari 257 usulan remisi, hanya 2 orang yang belum menerima SK remisi. Tapi, dua orang tersebut sudah memenuhi syarat,” paparnya kepada KabarJombang.com, Senin (17/8/2020).

Dikatakannya, jumlah penghuni Lapas Jombang hingga saat ini, sebanyak 638 orang. Rinciannya narapidana 229 dan tahanan sebanyak 409 orang

Pamuji juga menjelaskan, penyerahan remisi untuk tahun ini, berbeda dari tahun sebelumnya lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19. Bedanya, lanjut Pamuji, penyerahan remisi tahun ini digelar secara virtual seluruh Indonesia, yang dipusatkan di Mataram, pada pukul 13.30 WIB.

Pasca penyerahan virtual, masih kata Pamuji, dilanjutkan acara penyerahan remisi secara internal Lapas Jombang yang berlokasi di Jl KH Wahid Hasyim No 55 Jombang.

“Sebelum kegiatan remisi secara virtual tersebut, kita menggelar acara tasyakuran. Berhubung kepala Lapas ada acara di Porong, maka kegaitan penyerahan internal hari ini diamanahkan ke saya,” pungkas Pamuji.

INSTAGRAM

Berita Terkait