Tips, 5 Cara Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Tips Pinjaman Uang supaya Cepat Cair
Tips Pinjaman Uang supaya Cepat Cair
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Sejumlah aplikasi pinjaman online atau pinjol, mempermudah sebagian orang untuk melakukan pinjaman uang. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. Namun, tahukah kamu jika pinjol  bisa membuat sengsara.

Karena ada sebagian pinjaman online ilegal, yang menarik bunga lebih tinggi.

Baca Juga

Memang pinjol tersebut merupakan cara mudah dan cepat cair untuk melakukan transaksi pinjaman. Tapi kamu harus berhati-hati, agar tidak terjerat pinjaman online ilegal.

Lantas bagaimana cara menghindari pinjol ilegal tersebut, berikut 5 cara yang dikutip KabarJombang.com dari berbagai sumber.

1. Cek Pinjaman Dari Situs Resmi ojk.go.id

Gunakan fintech (financial technology) peer to peer lending resmi, yang terdaftar di situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jangan hanya karena di aplikasi ada logo OJK langsung percaya begitu saja.

Karena pinjaman online ilegal juga kerap tidak berbadan hukum. Hal ini membuat proses kerjanya tidak mengikuti prosedur yang sudah dibuat oleh OJK. Maka dari itu bagi anda agar terhindar dari rasa sengsara soal Pinjol, lebih teliti kembali dalam mengecek OJK yang dimaksud.

2. Hindari Peminjaman dengan Fee Besar

Karena terjerat nafsu yang tinggi, setiap orang akan melakukan peminjaman dengan nominal yang besar. Karena memang caranya cukup mudah dan cepat, akan tetapi perlu diketahui bahwa dalam melakukan peminjaman online itu tidak dengan nominal yang besar dulu.

Hindari peminjaman dengan bunga atau fee besar. Jangan mudah terpengaruh dengan iklan aneh yang mengatasnamakan OJK atau fintech tertentu. Karena hal semacam itu merupakan salah satu cara perusahaan yang ilegal untuk membawamu terasa sengsara nantinya.

3. Waspada Penyalahgunaan Data Pribadi

Dalam melakukan pinjaman online, pastinya setiap orang diminta untuk mengisi data pribadi. Nah hindari persyaratan pinjaman online yang meminta izin untuk mengakses kontak smartphone, foto kartu atm, sampai foto selfie memegang kartu identitas.

Waspada pada jebakan kemudahan dalam melakukan suatu pinjaman. Bijaklah dalam memilih jika ingin melakukan pinjaman online. Jika perlu, catat nomor customer care dan nomor pengaduan dari OJK untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Download Aplikasi dari Sumber Resmi

Setelah cek di situs resmi OJK, anda dapat mendownload aplikasi pinjol resmi dari dari Play Store dan App Store bagi pengguna Android dan iOS. Sebab jika aplikasi yang diunduh berasal dari sumber tidak resmi, data pribadi anda akan dicuri melalui berbagai malware hingga adware.

5. Melihat Dampak Negatif Pinjol

Nah yang terakhir ini justru merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menghindari peminjaman online tersebut. Karena dalam melakukan pinjaman online, dipastikan kita harus membayar pinjaman di waktu yang tepat. Karena perusahaan tidak akan tahu alasan yang kita alami atau rasakan.

Maka dari itu, bagi anda agar aman dan nyaman dalam melakukan pinjaman. Cukuplah ke bank terdekat, lalu bagaimana agar tidak tergiur dengan melakukan Pinjol saat memegang smartphone? Lihatlah dampak negatif Pinjol berikut ini.

Data pribadi mudah tercuri, jadi aplikasi pinjol ilegal biasanya akan meminta data pribadi serta akses terhadap setiap fitur dalam gawai Anda. Contohnya seperti nomor-nomor yang ada dalam kontak, gambar di galeri, dan sebagainya.

Bunganya terlalu tinggi, karena pinjaman online ilegal umumnya menawarkan bunga yang rendah di awal untuk menarik korban. Berikutnya, saat pinjaman sudah diberikan, bunga akan dinaikkan sesuka hati oleh penyelenggara pembiayaan.

Waspada debt colector, Jika Anda tidak membayar angsuran tepat waktu atau bahkan tidak mampu membayar angsuran, akan ada debt collector yang melakukan segalanya agar angsuran tetap berjalan.

Nah demikianlah 5 cara yang mudah dan bisa dilakukan agar terhindar dari Pinjol ilegal, yang justru akan membuat Anda merasa merana.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait