Sekeluarga Terima BLT Total Rp 17,4 Juta, Begini Rinciannya

Ilustrasi. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com- Lantaran kondisi pandemi covid-19. Pemerintah menggelontorkan berbagai macam Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat dengan berbagai macam kriteria.

Termasuk bentuk BLT yang dikabarkan dapat diperoleh sekeluarga dengan kriteria berbeda. Dari mulai masih menjadi bumil (ibu hamil), balita, anak sekolah, hingga lansia dengan besaran nominal yang berbeda. Langkah tersebut dilakukan pemerintah dalam memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga

Lantas bagaimana rincian dan besaran dana BLT tersebut. Simak rincian berikut sebagaimana yang dilansir okezone.com..

  1. BLT Bumil, Balita atau Anak 0-6 Tahun

Sejumlah BLT prioritas pun digulirkan untuk membantu masyarakat terdampak wabah corona. Berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos) sejumlah BLT prioritas program keluarga harapan terdiri dari BLT ibu hamil dan balita atau anak usia dini 0-6 tahun dengan nilai Rp6 juta setahun.

Rinciannya, BLT ibu hamil Rp3 juta dan balita atau anak usia dini Rp3 juta setahun atau Rp750.000 per tiga bulan.

  1. BLT Anak Sekolah

Selanjutnya, BLT anak sekolah dengan total mencapai Rp4,4 juta setahun. Rinciannya anak SD Rp900.000 setahun atau Rp225.000 per tiga bulan, anak SMP Rp1,5 juta setahun atau Rp375.000 per tiga bulan dan anak SMA Rp2 juta setahun atau Rp500.000 per tiga bulan.

Di samping itu ada juga BLT lansia usia di atas 70 tahun sebesar Rp2,4 juta setahun atau Rp600.000 per tiga bulan. Bagi penyandang disabilitas berat menerima BLT 2,4 juta atau Rp600.000 per tiga bulan.

BLT program keluarga harapan tersebut diberikan dalam kurun waktu satu tahun dengan 4 kali masa pencairan di mulai Januari, April, Juli dan Oktober. BLT bisa diambil di Bank BUMN yang telah ditunjuk di antaranya BRI, BNI, Mandiri dan BTN. Kemensos diguyur pagu anggaran dari APBN 2021 sebesar Rp28,7 triliun untuk melaksanakan program tersebut.

  1. PIP (Program Indonesia Pintar) 

Tidak hanya itu, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga memberikan BLT pelajar sekolah melalui Program Indonesia Pintar (PIP) senilai 2,2 juta. Rinciannya anak SD Rp450.000 setahun, SMP Rp750.000 setahun dan SMA Rp1 juta setahun.

BLT pelajar sekolah ini diberikan dalam bentuk uang tunai bagi keluarga miskin dan rentan miskin lewat Kemendikbud melalui dua bank BUMN, yakni BRI dan BNI.

Jadi, jika diakumulasi total keseluruhan bantuan yang diberikan pemerintah apabila dalam keluarga mendapatkan semuanya maka sekeluarga bisa menerima BLT Rp17,4 juta.

Namun, perlu diperhatikan syarat dan kententuan yang sesuai kriteria penerima BLT tersebut juga harus dipenuhi dengan bantuan pihak-pihak terkait agar bantuan Pemerintah tepat dan sesuai sasaran.

 

 

 

 

 

 

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait