Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Bakal Dilirik Langsung Personalia

Ilustrasi CV
  • Whatsapp

KabarJombang.com – Salah satu berkas yang sangat penting dalam proses melamar kerja adalah CV (Curriculum Vitae) alias Riwayat Hidup. Secara umum, CV berisikan identitas diri, pendidikan, penjelasan singkat mengenai karakter diri, skill, prestasi serta pengalaman kerja. Dengan adanya CV para perekrut akan dengan mudah mengetahui gambaran mengenai calon pekerja.

Oleh karena itu, CV merupakan senjata utama bagi para pekerja agar bisa menarik minat HRD sebelum melanjutkan proses rekrutmen ke tahap selanjutnya. Jika tidak ingin langsung mendapat penolakan dari HRD, maka para pencari kerja sangat perlu memperhatikan beberapa hal untuk membuat CV menjadi lebih menarik.

Baca Juga

1. Buatlah Layout yang Menarik

Ketika membuat CV upayakan buat desain yang menarik jangan terlalu polos namun juga jangan terlalu berlebihan. Jika terlalu polos, maka CV anda tidak terlihat menarik. Namun jika desain terlalu berlebihan maka akan membuat informasi mengenai diri anda tidak tersampaikan dengan baik.Jika anda tidak bisa membuat desain sendiri, saat ini banyak sekali template CV yang bisa anda temukan. Cukup ketik di mesin pencarain “Desain CV” maka banyak sekali desain yang bisa anda pilih

2. Pakai Font Standar

CV merupakan berkas yang berisikan informasi lengkap mengenai diri pencari kerja. Oleh karena itu penting sekali agar informasi didalamnya bisa tersampaikam dengan baik ke para perekrut. Jika menggunakan font yang tidak biasa bessr kemungkinan tulisan anda tidak terbaca dengan jelas oleh perekrut.

Meskipun font standar seperti Times New Roman, Arial atau calibri terlihat tidak menarik, namun font standar seperti itu bisa membuat informasi mengenai anda terbaca jelas oleh perekrut. Sesuaikan juga ukuran font serta warna font agar memudahkan para perekrut mendapatkan informasi mengenai anda.

3. Tuliskan Pengalaman Kerja Secara Lengkap

Para perekrut kebanyakan menilai pengalaman kerja calon pekerja dari berkas lamaran CV anda. Oleh karena itu isi secara lengkap dan urut pengalaman kerja anda mulai dari yang paling baru ke paling lama. Selain itu jangan lupa cantumkan penjelasan singkat mengenai kemampuan yang anda miliki serta pencapaian anda.

4. Selalu Perbarui Skill

Menuliskan skill anda di dalam CV juga merupakan hal yang bisa membuat CV anda menarik. Jabarkan secara singkat skill yang anda miliki. Jika memiliki skill yang baru, jangan lupa isi ke dalam CV anda serta pastikan skill yang anda miliki relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

5. Hindari Typo dan Kata yang Disingkat

Kesalahan kecil berupa typo bisa jadi sepele namun bisa juga bersifat fatal. Jika ada kata yang typo dan diketahui oleh para perekrut anda bisa dinilai kurang teliti dan profesional. Sama halnya dengan penulisan kata yang disingkat, karena hal itu akan menunjukkam bahwa CV anda tidak formal dan kurang profesional. Penting sekali jika anda selalu mengecek ulang agar tidak ada kesalahan satu pun

Selain anda menilai sendiri CV anda, mintalah penilaian dari teman anda atau dari para ahlinya untuk mengetahui kekurangan dari CV anda agar CV anda semakin bagus dan menarik. Jangan lupa tulis dengan jelas alamat email dan nomer telepon kamu agar HRD bisa lebih mudah menghubungimu.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait