Apa Itu Aplikasi POS (Point Of Sale): Pengertian, Fungsi, Tips Memilihnya

Apa itu Aplikasi POS
Apa itu Aplikasi POS
  • Whatsapp

KabarJombang.com – Untuk mendukung kemudahan dalam proses transaksi, sekarang sudah banyak pelaku usaha yang mengandalkan aplikasi kasri atau yang disebut juga dengan aplikasi POS. Dengan menggunakan aplikasi ini, proses pencatatan barang yang terjual bisa dilakukan lebih mudah, cepat, dan juga pastinya tepat.

Bila Anda tertarik untuk mengimplementasikan aplikasi POS dalam bisnis Anda, ada baiknya baca artikel ini hingga selesai untuk menambah wawasan Anda mengenai seperti apa aplikasi Point Of Sale itu sebenarnya.

Baca Juga

Apa Itu Aplikasi POS

Aplikasi POS atau Point Of Sale adalah sebuah sistem yang membantu bisnis dalam proses transaksi yang sedang berlangsung. Aplikasi POS akan membantu proses transaksi menjadi lebih cepat.

Bisa dikatakan bahwa aplikasi POS adalah versi modern dari mesin kasir konvensional namun punya peran yang lebih besar dengan tingkat efisiensi yang lebih baik.

Apa Fungsi dari Aplikasi POS?

Secara umum, ada beberapa fungsi dari aplikasi POS, seperti berikut ini:

  1. Mencatat transaksi penjualan dan retur, serta mencetak struk atau faktur penjualan.
  2. Melakukan pencatatan barang masuk dan keluar dari toko
  3. Mencatat biaya lain-lain yang terjadi di toko
  4. Mencatat segala transaksi pelanggan
  5. Mencatat performa dari tim sales di toko
  6. Membuat laporan secara otomatis dan tersedia saat itu juga yang berguna untuk menganalisa aktivitas toko. Beberapa laporan yang tersedia seperti laporan penjualan, stok barang, keuntungan kotor, biaya toko, dan laporan lainnya.

Manfaat Menggunakan Aplikasi POS

Dengan mengimplementasikan aplikasi POS, tentunya ada banyak manfaat yang bisa Anda lakukan sebagai seorang pebisnis, berikut ini beberapa manfaat tersebut.

1. Memberikan Kemudahan dalam Proses Pemesanan

Dengan penggunaan POS, proses pemesanan dapat lebih ringkas karena sistem POS bisa diakses dimana pun baik itu di smartphone atau juga tablet. Dengan begini, pelanggan tidak lagi perlu antre mengular di depan kasir.

2. Lebih Fleksibel

Aplikasi POS memberikan Anda fleksibilitas dalam hal pembayaran. POS menawarkan banyak metode pembayaran yang bisa digunakan, hal ini tentu membuat pelanggan semakin nyaman untuk berbelanja. Mereka bisa membayar menggunakan uang tunai, debit, maupun kredit.

Selain itu, POS juga memberikan otomatisasi dalam perhitungan jumlah produk yang dipesan. Ini tentunya akan mempercepat proses transaksi pelanggan.

3. Meningkatkan Pengawasan Toko

Aplikasi POS yang termasuk dalam ERP software memungkinkan Anda untuk melakukan monitoring segala aktifitas toko. Hal ini karena Anda dapat melihat segala transaksi yang terjadi secara real time hanya dengan menggunakan smartphone Anda. Rekonsiliasi sisa stok juga bisa Anda lihat secara real time, jadi Anda tidak lagi perlu khawatir berlebihan dengan bisnis Anda.

4. Memberikan Anda Database Pelanggan

Database pelanggan sangat penting guna membangun loyalitas mereka. Nah, ini adalah salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi POS, di mana sistem POS akan menyimpan data siapa saja pelanggan yang pernah melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

Nantinya, database ini bisa Anda gunakan untuk merencanakan strategi promosi sehingga hasilnya lebih tertarget.

Tips Memilih Aplikasi POS

Saat ini aplikasi POS sudah mudah sekali ditemukan, namun bukan berarti semua aplikasi tersebut sama. Anda tetap harus selektif dalam memilihnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa memandu Anda untuk memilih mana aplikasi POS terbaik.

1. Coba Perhitungkan Biaya

Pilihlah aplikasi POS sesuai dengan skala bisnis Anda. Hal ini karena semakin canggih fitur yang ditawarkan tentu makin mahal juga uang yang perlu Anda keluarkan. Perhatikan juga rincian biaya yang ditawarkan, jangan sampai ada hidden cost yang kemudian akan memberatkan Anda.

2. Cek Kemudahan Penggunaannya

Tujuan dari implementasi aplikasi POS adalah untuk menyederhanakan proses kasir di bisnis Anda. Untuk itu, pastikan aplikasi yang Anda pilih mudah untuk dimengerti dan digunakan. Jangan sampai menggunakan aplikasi POS justru memperlambat bisnis Anda.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi POS, cobalah minta demo atau uji coba terlebih dulu.

3. Lihat Fitur Apa Saja yang Ditawarkan

Ini sangat penting untuk jadi perhatian Anda. Pastikan apa saja fitur yang dihadirkan oleh software POS tersebut.Setidaknya, aplikasi point of sale harus memiliki beberapa fitur berikut ini:

  1. Laporan transaksi
  2. Digital billing
  3. Manajemen stok dan konsumen

Jika tidak ada fitur tersebut, sebaiknya Anda mundur dan cari aplikasi lain.

Nah, itu dia hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai aplikasi kasir modern atau point of sale.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait