Ditinggal Kabid Berdinas Luar, Kantor Metrologi Legal Kerap Kosong

Salah satu ruangan di UPTD Metrologi Legal, Jombang, tampak kosong, dan ini kerap terjadi.
  • Whatsapp

PETERONGAN, KabarJombang.com – Kondisi kantor Bidang Metrologi Legal, Jalan Raya Brawijaya, Peterongan, Jombang, kerap tidak munjukkan geliat aktivitas alias lengang.

Sejumlah ruangan kantor di bawah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kabupaten Jombang ini, tampak kosong, lantaran sejumlah staf-nya tidak berada di tempat.

Baca Juga

Pantauan media ini di lokasi, pada Jumat (29/11/2019) sejumlah ruangan didapati tanpa penghuni itu diantaranya, ruangan Kepala Bidang (Kabid), ruang Kasi Pengawasan, dan Kasi SDM. Hanya tersisa ruangan Kasi Pelayanan, yang masih menunjukkan aktivitasnya.

Menurut salah satu staf yang sedang berada di kantor, kosongnya sejumlah ruangan itu lantaran ditinggal sejumlah ASN (aparatur sipil negara) melakukan dinas luar. Hanya saja, dirinya mengaku tidak tahu secara pasti terkait tempat atau lokasi sejumlah ASN di kantor ini berdinas luar.

“Sebenarnya saya juga nggak enak buka aib kantor. Tapi ini sudah keterlaluan. Kantor sering kosong. Kalau sampean ingin tahu sendiri, coba cek langsung ke sejumlah ruangan di kantor ini,” ujarnya sembari meminta namanya tidak dicantumkan.

Ia menimpali, jika pelayanan masyarakat terkait teknis penyelenggaraan pelayanan kemetrologian, terganggu oleh prilaku pegawainya kerap tidak berada di kantor.

Meski begitu, dirinya mengaku tidak tahu, apakah benar-benar dinas luar atau hanya mengada-ada.

“Ya, soal betul dinas luar atau sekedar mengada-ada, saya nggak tahu. Untuk Kabid, katanya sedang di Surabaya. Kalau lainnya, saya kurang tahu kemana. Dan lagi, fungsi seksi pengawasan ini bagaimana. Kelihatannya tidak ada fungsinya,” sambungnya.

Kepergian Kabid Metrologi, Mita Arina ke Surabaya, dibenarkan salah satu staf lain kantor Metrologi Legal, Disperindag Jombang. “Bu Mita-nya ada tugas ke Surabaya. Semuanya. Tinggal kasi pelayanan yang ada,” jawabnya.

Sementara Kasi Pelayanan UPTD Metrologi Legal, Mulyono saat dikonfirmasi membenarkan, jika Kasi SDM berdinas luar ke Yogyakarta, lantaran ada kegiatan kalibrasi.

“Ke Yogyakarta bersama satu staf saya. Kalau Bu Mita dan Seksi Pengawasan, saya tidak tahu kegiatan apa. Katanya ke Surabaya. Soalnya saya tidak dipamiti kegiatan apa,” jawabnya kepada KabarJombang.com (Kelompok Faktual Media), Jumat (29/11/2019).

Disinggung soal berapa kali dalam setahun melakukan perjalanan dinas, Mulyono mengaku tidak tahu. Menurutnya, hal tersebut bukan menjadi domainnya. “Lebih pas, sampean tanya ke Kepala Bidang (Kabid) saya,” katanya.

Terpisah, Kepala Disperindag Jombang, Bambang saat dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp, enggan menjawab. Pihaknya hanya mengajak bertemu wartawan media ini, pada Senin besok.

Selanjutnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jombang, Senen, saat dikonfirmasi terkait kondisi UPTD Metrologi Legal yang kerap kosong, hanya menjawab akan menindaklanjutinya.

“Terima kasih, nanti kami sampaikan ke Kepala Dinas Perdagangan, karena pengawasannya langsung kepala OPD-nya,” jawab Senen melalui apliasi WhatsApp.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.