Dibalik Manfaatnya, Inilah Efek Minum Air Jeruk Nipis Berlebihan

Dibalik Manfaatnya, Inilah Efek Minum Air  Jeruk Nipis Berlebihan
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Walaupun jeruk nipis memiliki banyak manfaat. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Alih-alih menyehatkan tubuh, mengonsumsi jeruk nipis terlalu sering dalam jumlah banyak malah membuat Anda sakit.

Baca Juga

Nah, beberapa masalah yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi jeruk alit, antara lain:

  1. Memicu asam lambung naik

Jeruk alit ini mengandung asam sitrat lebih banyak dibanding buah jeruk lain yang rasanya manis. Asam tersebut memang membantu mencegah peradangan pada tubuh dan pembentukan batu ginjal, namun jika kadarnya berlebihan organ pencernaan Anda bisa terganggu.

Pada kasus ringan, kebanyakan mengonsumsi makanan asam, seperti minum air jeruk nipis bisa menyebabkan perut mulas. Namun, pada orang yang memiliki pencernaan yang sensitif, asam jeruk nipis bisa memicu asam lambung naik.

Kondisi ini menyebabkan gejala yang membuat Anda tidak nyaman, seperti perut sakit, terasa kembung dan penuh, mual, dan sering sendawa.

Untuk itu, orang dengan masalah refluks asam lambung, GERD, atau masalah pencernaan lainnya sebaiknya menghindari minuman asam ini supaya gejala tidak muncul ataupun bertambah parah. Hindari juga mengonsumsi minuman ini ketika perut Anda masih kosong karena bisa menyebabkan perut mulas.

  1. Menyebabkan gigi rusak

Kebanyakan orang mengetahui jika makanan manis adalah musuh bagi gigi. Namun pada kenyataannya, makanan atau minuman yang asam pun juga memberikan dampak negatif pada kesehatan gigi.

Minnesota Dental Association melaporkan bahwa enamel gigi bisa menipis dari makanan atau minuman dengan pH 4, seperti jeruk nipis. Enamel yang melapisi dan seharusnya melindungi gigi, bila semakin menipis tentu akan membuat gigi jadi mudah rapuh.

Itu sebabnya, jika Anda mengonsumsi jeruk pecel secara berlebihan, gigi akan mudah sekali keropos.

Supaya asam yang menempel di gigi, lidah, dan mulut Anda hilang, sebaiknya minum segelas air putih atau berkumur air beberapa kali setelah minum air jeruk alit.

Hindari menggosok gigi langsung setelah Anda minum air jeruk ini. Bukannya membantu menghilangkan asam, asam malah akan semakin meningkat. Ditambah dengan gesekkan dari sikat gigi, kemungkinan besar enamel akan terkikis lebih banyak. Jadi, tunggu setidaknya satu jam setelah minum air jeruk nipis jika ingin menggosok gigi.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait