Bau Tak Sedap, Tumpukan Sampah di Jalan Prabu Siliwangi Semakin Memprihatinkan

Tumpukkan sampah warga yang berserakan di sekitar jalan prabu siliwangi.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Tumpukan sampah di sekitar Jalan Prabu Siliwangi, Sumbermulyo, Kabupaten Jombang semakin memprihatinkan. Pasalnya sampah semakin banyak dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Terlihat, sampah yang dibawa oleh masyarakat sekitar ini dibuang begitu saja. Tidak ada wadah yang menampung sampah tersebut. Akibatnya, sampah berserakan dan bau busuk tumpukan sampah tercium dari jauh.

Baca Juga

Javi, pengendara yang sering melintas daerah tersebut, mengaku sering melihat tumpukan sampah tersebut berserakan serta menimbulkan bau.

“Sering lewat sini, sebagai jalan pintas, banyak sampah bau juga jadi kalau lewat sini agak sedikit kurang nyaman,” katanya kepada KabarJombang.com, Jum’at (8/11/2019).

Diduga sampah yang menumpuk merupakan buangan dari warga sekitar. Sampah plastik dam sampah basah bercampur menjadi satu, sehinggà menyebabkan bau busuk dan dikerubungi oleh lalat.

Jalan itu merupakan akses utama dari arah Ponpes Darul Ulum Rejoso menuju kota Jombang. Tidak sedikit warga maupun pengendara melewati lokasi tersebut. Terlebih di dekat area pembuangan sampah ada sawah warga.

Sementara, menyikapi hal ini, Staff Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Doni, mengatakan, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah pada tempatnya masih rendah.

“Nah itu dia mas, susah memang membangun kesadaran,” ujarnya.

Dia menuturkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat, bahkan beberapa waktu lalu dibantu komunitas Santri Jogo Kali secara ‘door to door’ ke masyarakat,” kata dia.

Lebih lanjut, kedepan pihaknya akan terus membantu menumbuhkan kesadaran masayrakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

“Kita akan bantu lewat bagaimana memilih mana sampah organik dan anorganik, plastik kertas dan lainnya, dan menghimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah plastik,” imbuhnya.

[wbcr_php_snippet id="kabarjombang"]