Antisipasi Corona, Car Free Day di Jombang Mulai Minggu Besok Ditiadakan

Surat Edaran ditiadakannya CFD di Jombang mulai besok Minggu 15 Maret 2020.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Antisipasi penyebaran resiko penularan Virus Corona Disease-19 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, mengambil sikap untuk meniadakan Car Free Day (CFD), mulai Minggu 15 Maret 2020 besok hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Sikap tersebut tertulis dalam Surat Edaran nomor 451.12/350/415.22/2020 dan ditandatangani langsung oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab.

Baca Juga

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jombang, Achmad Jazuli, membenarkan surat edaran tersebut juga berkaca pada edaran Gubenur Jawa Timur tanggal 13 Maret 2020 perihal peningkatan kewaspadaan terhadap Virus Corona.

Jumlah korban terinfeksi virus corona per 14 Maret 2020 di Indonesia menyentuh angka 96 orang. Empat orang dinyatakan meninggal dunia.

“Saya tadi dikirim Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang. CFD ditiadakan hingga waktu yang belum ditentukan,” katanya, Sabtu (14/3/2020).

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang, Hartono mengatakan, Surat Edaran Bupati sementara ini hanya disebarkan lewat media sosial kepada masyarakat.

Sementara secara fisik, surat sudah dikirim ke Ketua DPRD Jombang, Kapolres Jombang, Kodim 0814 Jombang, Pengadilan Negeri, Kejaksaan dan Satradar 222 Ploso. Tembusan juga disampaikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan camat se-Kabupaten Jombang.

“Mohon maaf, ini sudah darurat. Besok pagi dari jajaran Dishub, Satpol PP dan Polisi Lalu Lintas akan mensosialisasikan pagi hari ke masyarakat,” jelasnya.

CFD di Jombang dilakukan setiap Minggu pagi di sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim, tepatnya dari Ringin Contong hingga perempatan traffic light timur Stasiun Jombang. Hal ini berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Jombang No 19 tahun 2018 tentang pelaksanaan hari bebas kendaraan dan malam bebas kendaraan bermotor.

“Bantu share ke masyarakat ya. Antisipasi. Infonya penyebaran Corona sudah semakin masif,” tandas Hartono.

Reporter: Syarief Abdurrahman

INSTAGRAM

Berita Terkait