DPMD Jombang Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab saat menjadi narasumber acara pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa di Ruang Bung Tomo, Pemkab Jombang. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Jombang,  menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa di wilayahnya Rabu (07/4/2021).

Pelatihan yang digelar di ruang Bung Tomo,  kantor Pemkab Jombang ini juga untuk menggali kreativitas dan inovasi para kades terkait program pembangunan maupun penggunaan anggaran desa mereka.

Baca Juga

ucapan idul fitri kapolres jombang
ucapan idul fitri sadarestuwati
ucapan idul fitri PUPR
ucapan idul fitri Bappeda Jombang
Ucapan Idul Fitri Jombang
iklan bank jombang kredit
ucapan idul fitri BPKAD jombang
ucapan idul fitri BKDPP jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
ucapan idul fitri Disdik jombang
ucapan idul fitri dishub jombang
ucapan idul fitri PKB
ucapan idul fitri kemenag jombang
ucapan idul fitri satpol pp jombang

Peserta pelatihan merupakan para kades se Kabupaten Jombang yang dibagi dalam dua sesi acara.

“Ini semua mengajak agar supaya kepala desa untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai pimpinan di desa. Tahu hak, kewajiban, kewenangan serta larangan,” ujar Bupati Jombang, Mundjidah Wahab saat hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu, selain bupati, narasumber pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa ini berasal dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seperti pejabat dari Kejaksaan Negeri, Kodim 0814,  Polres dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang.

Bupati Mundjidah menambahkan, bahwa Kejari juga memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada kepala desa untuk melakukan konsultasi. Sehingga membuat masyarakat Kabupaten Jombang menjadi nyaman.

“Nah kitapun juga demikian, membuat masyarakat agar supaya kebersamaan di desa meningkatkan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, ini terus ditingkatkan,” katanya.

“Ada inovasi, harus ada kreatifitas dari desa supaya betul-betul tidak takut melaksanakan program-programnya. Melaksanakan anggaran yang sudah direncanakan, sesuai dengan aturan yang ada,” papar Bupati Mundjidah Wahab.

Bupati mengimbau agar kades tidak berlaku diskriminatif kepada warganya. Sebab mereka langsung bersinggungan dengan masyarakat, bahkan keberhasilan pembangunan daerah juga ditopang oleh desa.

“Jadi kita mengharapkan desa-desa di Kabupaten Jombang ini benar-benar menjadi desa yang maju, mandiri, kreatif, inovatif, dan mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Kepala DPMD Kabupaten Jombang, Sholahudin Hadi Sucipto menjelaskan, pelatihan ini sebagai salah satu upaya pemberian motivasi dan pemahaman serta mengingatkan kembali tugas pokok dan fungsi kepala desa.

“Yang kedua, ini juga forum silaturrahmi Forkopimda Jombang dengan kepala desa, agar nanti ada sesuatu hal, komunikasinya lancar,” pungkasnya.

 

 

 

Berita Terkait