Dinsos Jombang Memberdayakan PMKS Melalui Pelatihan Ketrampilan

Kepala Dinsos Jombang, M Saleh, menyerahkan bantuan pelatihan. (Foto: Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombag.com- Dengan maksud menambah  wawasan dan pengetahuan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang, melalui Bidang Rehabilitasi Sosial menyelenggarakan program pelatihan ketrampilan bagi PMKS tahun 2020.

Selain itu, diharapkan mampu meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan keluarga, memupuk kepedulian kesetiakawanan dan tanggung jawab social. Tujuannya untuk mencegah, menekan dan mengurangi jumlah penduduk miskin/ keluarga miskin di Kabupaten Jombang.

Baca Juga

Kepala Dinas Sosial kabupaten Jombang, Moch Saleh menyampaikan,  adapun kegiatan yang diselenggarakan adalah pelatihan keterampilan yang sasarannya merupakan penyandang disabilitas mental atau eks Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Terdapat dua pelatihan yang pertama pelatihan membatik di Desa Karangwinongan, Kecamatan Mojoagung, yang diselenggarakan Oktober 2020 dengan narasumber dari LKP Batik Colet Jatipelem, Kecamatan Diwek.

Kedua,  pelatihan membuat anyaman rotan di Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan, yang didampingi narasumber dari Asosiasi Handycraft Jawa Timur (AHJ). Kedua pelatihan ini diikuti sebanyak 30 peserta ,

“Setelah pelatihan, peserta diberikan satu paket bahan praktik yang dapat digunakan untuk praktik sendiri di rumah dengan didampingi kader jiwa di masing-masing kecamatan,”ujar M Saleh kepada wartawan Jum’at (27/11/2020).

Dikatakan Saleh, kegiatan selanjutnya dilaksanakan pelatihan menjahit penyandang disabilitas yang bertempat di SMKN 2 Jombang. Kegiatan ini diselenggarakan selama lima hari pada bulan Novemeber 2020 dengan jumlah peserta 20 orang .

Pelatihan ini didampingi dua orang instruktur dari SMKN 2 Jombang. Peserta belajar menjahit rok dan atasan. Selain pelatihan, peserta diberikan bantuan sosial mesin jahit sebanyak 17 unit.

“Mesin jahit ini untuk penyandang disabilitas yang telah mengikuti pelatihan menjahit di tahun 2018 sampai 2019. ” tandasnya

Selanjutnya Dinas Sosial juga memberikan pelatihan membuat telur asin yang ditujukan kepada penyandang masalah kesejahteraan social yang dilaksanakan di dua  kecamatan di Kabupaten Jombang.

Kegiatan pertama dilaksanakan pelatihan membuat telur asin bagi Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (PRSE) di Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandarkedungmulyo. Pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari pada bulan November 2020 dengan peserta 20 orang.

Kegiatan kedua pelatihan membuat telur asin bagi Gelandangan Pengemis (Gepeng) di Desa Candimulyo,  Kecamatan Jombang. Pelatihan ini didampingi narasumber dari Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Jombang, peserta membuat tiga varian rasa telur asin yaitu jahe, pedas, dan original.

Setiap peseta diberikan satu paket bahan praktik mengikuti pelatihan. Para peserta juga dibekali bahan praktik untuk membuat telur asin guna dipraktikkan dengan hasil yang dapat dikonsumsi atau dapat dijual kembali.

Pelatihan- pelatihan yang diberikan kepada PMKS cukup mudah diaplikasikan mereka setelah kembali kerumah.

“Diharapkan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dalam mencapai  keberfungsian sosial PMKS,”pungkas M Saleh.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait