Video Pria Mengaku Korban Hoaks Terjangkit Covid-19 Viral, Ditanggapi Kemenag Jombang

  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Video bertayang seseorang mengaku korban informasi hoaks lantaran diinformasikan terjangkit Covid-19 di Jombang, mendadak viral. Dalam video berdurasi 2 menit itu, tampak seorang pria menjelaskan dirinya dalam kondisi sehat walafiat. Pria itu bertutur dan direkam di sebuah rumah makan yang belum diketahui lokasinya.

Dalam video tersebut, tampak seseorang berpeci putih bulat di sampingnya. Informasi yang dihimpun, dari dokumentasi video ini diambil pada Sabtu 28 Maret 2020 jam 08.00 WIB.

Baca Juga

“Alhamdulillahirobbil Alamin, Ana dalam kondisi sehat. Orang yang mengatakan Ana kena Covid-19 adalah Hoaks, karena mereka tidak punya dasar, dari mana mereka tahu bahwa Ana terjangkit penyakit begitu?,” ujar pria dalam video itu.

Dia juga mengatahakan harapan, pemerintah daerah melakukan pengusutan terhadap penyebaran Hoaks ini, dengan alasan masyarakat menjadi resah karena tidak mengetahui berita aslinya,

“Saya minta kepada pemerintah daerah untuk melakukan pengusutan terhadap penyebar Hoaks ini. Kasihan masyarakat menjadi resah karena mereka tidak mengetahui berita aslinya. Lebih-lebih kalau sampai aparat pemerintah yang ikut campur menyebarkan berita ini adalah kesalahan yang sangat fatal, dikira betul saya ini terjangkit Covid-19,” lanjutnya.

“Oleh karena itu, seluruh jamaah AR-Royan, Al-Ummah para wali murid, para siswa, santri semuanya, agar tidak terpancing dengan isu murahan, isu yang tidak berdasarkan data dan fakta, isu yang tidak benar,” sambung pria dalam video itu

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Pendma) Kantor Kemenag Jombang, Arif Hidayatullah, angkat bicara soal video itu. Dia mengatakan orang yang berada dalam rekaman video itu menjabat sebagai Kasi Haji Kankemenag. Namun, dia tidak menerangkan identitas orang tersebut secara spesifik.

“Iya, beliau adalah Kasi Haji Kankemenag. Untuk lebih jelasnya, silakan konfirmasi kepada Pak Emy Chulaimi Kemenag,” singkat Arif Jumat (10/4/2020) malam.

Sementara, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Subbag TU) Kantor Kemenag Jombang Provinsi Jawa Timur, Emy Chulaimi saat dikomfirmasi melalui terkait identitas orang yang ada di dalam rekaman video tersebut, membenarkan bahwa orang tersebut adalah Kasi Haji di Kantor Kemenag Jombang.

Ia juga menerangkan, bahwa hasil tes lab Swab MS yang dikirim oleh pihaknya ke Jakarta, belum turun.

“Inisialnya MS, yang bersangkutan adalah Kasi Haji di Kankemenag. Kemarin lusa saya juga koordinasi dengan pihak Dinkes, dan jawabannya hasil lab swabnya sudah dikirim ke Jakarta dan belum turun,” kata Emy Chulaimi saat dikonfirmasi KabarJombang.com melalui pesan WhatsApp.

INSTAGRAM

Berita Terkait