Tren Sembuh di Jombang Meningkat, Tim GTPP Beber Kunci Penanganan Covid-19

Koordinator Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Jombang, dr. Pudji Umbaran.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Perkembangan pasien positif Corona dinyatakan sembuh secara klinis, pada Selasa (2/6/2020) berjumlah 8 orang, dan meningkat menjadi 10 orang pada Rabu (3/6/2020) pukul 16.00 WIB, tak lepas dari kerja keras tim medis dan pasien yang patuh pada anjuran saat menjalani isolasi di rumah sakit.

“Setelah keluar hasil Swab dua kali berturut turut dinyatakan negatif, maka pasien positif Covid-19 kita buatkan surat keterangan sembuh dan pasien dipulangkan,” kata dr Puji Umbaran, Koordinator Penanganan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jombang.

Baca Juga

Ditanya proses penyembuhan pasien yang dilakukan tim medis, Direktur RSUD Jombang ini mengatakan, virus Corona memiliki sejumlah kelemahan. Di antaranya, jika pasien yang terinfeksi Covid-19 dalam kondisi sehat, maka dengan sendirinya virus tersebut akan mati dan tidak berkembang.

“Perawatan dan pengobatan terhadap pasien Covid-19 adalah memberikan Anti Virus, Chloroquin (Klorokuin) dan Vitamin C dalam jumlah cukup, serta memberikan terapi psikologis berupa motivasi kepada pasien,” jawab dr Puji.

Tidak hanya itu, menurutnya, juga dilakukan evaluasi Swab setiap seminggu sekali kepada pasien Covid-19.

“Secara teori, jika cara ini dilakukan, kemudian penderitanya secara psikologis juga sehat, maka virus ini akan hilang dengan sendirinya dari tubuh penderitanya, dan pasien itu akan sembuh,” sambung dr Puji Umbaran.

Virus ini, lanjut dr Puji, penularannya tergolong sangat cepat. Karenanya, pihaknya berharap agar masyarakat tetap dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, demi mencegah penularan virus Corona.

“Tidak boleh dianggap enteng. Masyarakat harus tetap waspada dan patuh pada protokol kesehatan, karena penularannya cepat,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumya, berdasarkan data Selasa (2/6/2020) dari 62 kasus positif Corona, sebanyak 8 orang di antaranya dinyatakan sembuh secara klinis atau sembuh total. “Hari ini, ada dua lagi yang sembuh, keduanya berasal dari Tembelang dan Jombang. Untuk yang Tembelang klaster Temboro, yang Jombang klaster Sukolilo,” terang Budi Winarno, Jubir Tim GTPP Covid-19 Jombang, Selasa (2/6/2020) kemarin.

Sebelumnya, enam orang juga dinyatakan sembuh. Mereka masing-masing berasal dari Kecamatan Sumobito satu orang, Kecamatan Jombang dua orang, Kecamatan Diwek tiga orang, Kecamatan Tembelang satu orang dan Kecamatan Bandar Kedungmulyo satu orang.

INSTAGRAM

Berita Terkait