Sukseskan Bulaga, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang Tawarkan Beragam Pelayanan

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Jombang saat terlibat di acara Bulaga
  • Whatsapp

PERAK, KabarJombang.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Jombang turut serta dalam kegiatan Bulaga (Bupati Melayani Warga).

Bulaga merupakan terobosan sekaligus inovasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang memberikan kemudahan dalam pelayanan umum untuk masyarakat di Jombang. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Sukorejo, Kecamatan Perak, Rabu (19/02/2020).

Baca Juga

Dalam acara tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menyajikan beras murah yang diambil dari Toko Tani Indonesia yang menjadi binaan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Selain itu, terdapat pula olahan pangan lokal, olahan ikan dan pelayanan kesehatan ikan serta uji laboratorium keamanan pangan yang digelar oleh stand DKPP.

Melalui kegiatan ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan berharap mampu mengajak masyarakat untuk meningkatkan konsumsi buah–buahan dan sayur–sayuran. Upaya tersebut dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus, namun ada yang unik dari olahan tersebut. DKPP memperkenalkan jus sawi fantasi, dinamai demikian karena olahan jus dari sayur sawi ini memilki rasa menyerupai buah alpukat.

Selain inovasi dalam meningkatkan konsumsi sayur dan buah, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan juga memfasilitasi dalam pengoptimalan pekarangan untuk digunakan menjadi kebun hidroponik atau kawasan pangan lestari. Harapannya, dengan memaksimalkan lahan tersebut masyarakat tidak terlalu terpengaruh apabila terjadi kenaikan harga bahan pangan di pasaran.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut DKPP juga memberikan fasilitas pelayanan kesehatan ikan yang meliputi pengujian sampel air kolam dan air sumber yang digunakan serta pengujian penyakit ikan yang berasal dari bakteri, parasit dan virus.

Dalam acara Bulaga tersebut, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan juga menerima pelayanan sertifikasi cara budidaya ikan yang baik (CBIB) dan cara pembenihan ikan yang baik (CPIB).

INSTAGRAM

Berita Terkait