Mengenal Gang “Dondong” di Desa Brambang, Diwek

Gang Dondong di Desa Brambang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. (Foto: Diana KN) 
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com- Sejumlah nama gang di Kabupaten Jombang tentunya memilik cerita dibalik penamaanya. Demikian itu, termasuk dengan gang “Dondong” yang berada di Dusun Legarang, Desa Brambang, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Dondong atau Kedondong yang identik dengan nama buah ini menjadi identitas beberapa warga di dalam gang tersebut. Berawal dari nama dondong itulah menjadi cikal bakal yang hingga sekarang masyarakat menyebutnya dengan Gang Dondong.

Baca Juga

Pemilihan nama gang Dondong seperti diceritakan Ketua RT, Suyitno yang menurutnya berawal dari adanya sebuah pohon kedondong yang tingkat ukuran pohon, buah dengan lebatnya. Bahkan buah yang tidak biasa pada umumnya kala itu tepat di depan gang tersebut.

“Kalau awalnya nama gang dondong itu karena dulu ada pohon kedondong yang ukurannya gak biasa, sangat besar, buahnya juga buesar-besar. Berbuahnya itu juga buanyak mungkin dari sana orang dulu menamai gang disini.”tutur Suyitno pada KabarJombang.com Sabtu (30/1/2021).

Pohon kedondong tersebut menjadi perhatian utama karena menurut cerita yang Suyitno ketahui bahwa pohon tersebut satu-satunya di Dusun yang dia tinggali.

“Pohonnya dulu gak ada lagi ya cuma itu, makanya menonjol pohon kedondong. Terus didalamnya dulu juga satu pohon takut kena rumah kalau rubuh terus dipotong, tapi gak segede yang di depan.”ujarnya.

Dalam perkembangannya, Suyitno menambahkan jika pohon kedondong akhirnya ditebang, Karena saat itu dilakukan renovasi rumah tepat didekat pohon.

“Terus perkembangannya kan rumah yang didekat pohon kedondong itu mau renovasi jadi harus ditebang. Meskipun begitu nama gang dondong tetap dikenal sampai sekarang.”tambahnya.

Mengenai keberadaan rumah di gang “Dondong” berawal hanya terdapat empat rumah. Sekarang bertambah menjadi delapan rumah yang semuanya masih dalam ikatan saudara.

“Awalnya empat rumah terus sekarang jadi delapan rumah dengan 13 Kartu Keluarga, ya yang semua masih ikatan saudara.”jelasnya.

Suyitno mengatakan, ikatan persaudaraan dan warga didalam gang dondong mempunyai ikatan kuat. Karena selain di Desa Brambang, hanya satu gang tersebut unik juga dirinya sebagai pengurus RT. Sehingga  menumbuhkan solidaritas dan gotong royong yang sangat tinggi.

“Solidaritas dan gotong royong wajib saya terapkan di gang dondong sini.”pungkasnya.

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait