Harga Cabai Rawit Meroket, Ini Alternatif Penggantinya

Cabai rawit. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Harga cabai rawit yang terus-terusan melonjak memang bikin pusing. Tak cuma ibu rumah tangga dan pengusaha makanan. Bagi yang hobi makan sambal dan masak jadi ikut terkena imbasnya.

Tetapi tak ada rotan, akar pun jadi. Ada berbagai alternatif pengganti cabai rawit yang bisa digunakan.

Baca Juga

Rasanya memang tak sama persis dengan rawit yang asli. Tetapi setidaknya anda tak harus meninggalkan rasa pedas yang jadi kesukaan.

Ucapan KFM
iklan podcat Jombang
iklan Ramadhan bkad Jombang
iklan Ramadhan disdik Jombang
iklan Ramadhan Pupr Jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
iklan Ramadhan Satpol PP Jombang
iklan bank jombang kredit
iklan bank jombang nabung
iklan bank jombang

Dengan mencampurkan beberapa rempah berikut, anda bisa mendapatkan rasa pedas yang diinginkan. Selain itu, bahan-bahan dapur ini harganya masih lebih terjangkau daripada wasabi atau szechuan pepper (andaliman) yang justru jauh lebih mahal daripada rawit.

Cabai kering

Saat harga cabai rawit selangit begini, para pedagang biasanya mulai menjajakan rawit yang sudah dikeringkan. Harganya jauh lebih murah daripada cabai rawit yang masih segar.

Cabai merah

Agar anda tak boros menggunakan cabai rawit, siasati dengan mencampurkan cabai merah besar. Harganya memang ikut-ikutan naik, tetapi tak sampai sedrastis cabai rawit. Selain itu, cabai merah yang masak dan masih segar rasa pedasnya juga tak kalah menggigit, kok.

Minyak cabai

Ini bisa dijadikan solusi untuk menghemat penggunaan cabai rawit. Olah menjadi chili oil alias minyak cabai. Cara membuatnya mudah, kok. Cukup tumis cabai yang sudah dirajang dengan minyak sampai 3/4 matang. Setelah itu matikan api dan tambahkan minyak dingin. Simpan di dalam botol atau toples kaca dan gunakan minyaknya setiap kali memasak.

Merica putih

Pedasnya merica putih mungkin tidak senendang rawit. Tetapi rempah yang satu ini bisa memberikan rasa hangat di tenggorokan dan perut.

Merica hitam

Merica hitam atau istilah kerennya black pepper tak hanya bisa memberikan rasa pedas. Jenis lada ini bisa membantu melancarkan pencernaan dan menyamankan perut kembung.

Jahe

Jahe bisa memberikan rasa pedas yang khas pada makanan sekaligus melegakan tenggorokan. Rempah dari tanaman rimpang ini juga mampu meningkatkan nafsu makan secara alami.

Pala

Pedasnya pala bisa memberikan kelezatan yang berbeda pada masakan sekaligus membuat tidur kita jadi lebih nyenyak.

Paprika

Di negara barat sana, paprika sering disebut sweet pepper. Rasanya mirip dengan cabai, tetapi tidak terlalu pedas dan cenderung manis.

Itulah beberapa rempah dan bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti cabai rawit. Anda pasti bisa menemukan bahan-bahan ini dengan mudah. Selamat mencoba.

INSTAGRAM

Berita Terkait