Sambut Bulan Suro, Warga Dusun Kupang Bareng Gelar Kuda Lumping 

Pertunjukan seni Kuda Lumping di Dusun Kupang, Tebel, Kecamatan Bareng. (Foto : Daniel).
  • Whatsapp

BARENG, KabarJombang.com – Dalam memperingati bulan Suro  yang bertepatan dengan bulan Muharram  tahun baru Islam, banyak cara dilakukan masyarakat.

Sebagaimana yang dilakukan warga Dusun Kupang, Desa Tebel, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Dalam merayakan bulan Suro, warga setempat menggelar kesenian Kuda Lumping, Rabu (2/9/2020) malam.

Baca Juga

Sebelumnya, warga Kupang mnggelar doa bersama, pawai miniatur truk. Selanjutnya menggelar pertunjukan seni Kuda Lumping.

Kepala Dusun Kupang, Heri (41) mengatakan, serangkaian acara tersebut selain peringatan bulan Suro, juga dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“Kemarin kita tidak ada kegiatan sama sekali, jadi saat ini sebagai wujud rasa syukur dan kegembiraan masyarakat,” ungkap Heri.

Menurutnya, dipilihnya pertunjukan Kuda Lumping dalam acara tersebut, karena Kuda Lumping sebagai identitas dan budaya Dusun Kupang.

“Sebenarnya ini bukan tanggapan ya, karena selama ini vacum adanya pandemi. Jadi  disini ada pemuda yang belajar sebagai warisan budaya,” lanjut Heri.

Kuda lumping Turangga Jaya  yang tampil kali ini, kata Heri juga atas dorongan masyarakat karena kerinduan ingin menyaksikan. Sehingga pertunjukan kali ini tidaklah begitu resmi.

Diadakannya beberapa rangkaian acara dalam peringati bulan sura, Heri berharap Dusun Kupang terhindar dari semua bahaya, terutama virus corona.

“Selain itu kami berharap pekerjaan masyarakat Kupang baik petani, pedangan dan lain sebagainya diberikan kelancaran,” tuturnya.

Syaifudin warga setempat mengaku  sangat terhibur dengan adanya kegiatan yang berlangsung di Dusunnya.

“Bulan sura ini warga banyak menggelar acara hari ini ada doa bersama, terus ada pawai miniatur truk, ditambah lagi ini ada pertunjukan seni kuda lumping,”ujar Syaifudin.

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait