Sambut Asyura, Warga Wersah Santuni 100 Anak Yatim

Hj Mastunik binti Matali beserta keluarga besar dan H Abdul Khodir saat memberikan santunan kepada 100 anak yatim. (FOTO: RIEF)

KABARJOMBANG.COM – Sebanyak 100 anak yatim tampak sumringah, saat dijamu makan bersama Hj Mastunik binti Matali, warga Desa Wersah Gang 2, Kelurahan Kepanjen, Kecamatan/Kabupaten Jombang, di kediamannya, Minggu (1/9/2017). Selain itu, secara baris melingar, mereka tampak menerima santunan dan usapan kepala.

Menurut Hj Mastunik, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tiap tahun yang digelar keluarga besarnya sebagai bentuk syukur dan mendekatkan diri kepada sesama.

Anak yatim tersebut diambil dari lingkungan keluarga besarnya tinggal, yakni di wilayah Kecamatan Jombang, Diwek, dan Jogoroto.

“Ini sekedar ingin membuat anak yatim bisa tersenyum. Memang, kami beserta keluarga besar menggelar kegiatan ini setiap tahun baru hijriyah, biasanya tanggal 10 Muharram atau Asyuro,” ungkapnya.

Kepada anak yatim, pihaknya juga berpesan agar rajin sekolah, rajin mengaji, serta selalu mematuhi dan nasehat orang tua dan guru di sekolah. “Sebab, semua itu adalah bekal di masa mendatang,” ujarnya.

Selain keluarga besar, kegiatan ini juga dihadiri H Abdul Khodir (Bacabup), salah satu Bakal Calon Bupati Jombang 2018-2023, dan Gus Abdurrahman Nafi’ dari Desa/Kecamatan Perak, Jombang yang menjadi pemceramah agama.

Tak hanya digelar tiap tahun, kegiatan serupa juga diadakan di tempat ibadah secara bergilir dengan tanggal dan waktu yang ditentukan. “Kita juga mengadakan kegiatan seperti ini setiap Jum’at Wage, di masjid ataupun musholla secara bergantian,” kata Soehartono, salah satu keluarga.

Sementara itu, H Abdul Khodir mengapresiasi bakti sosial yang digelar keluarga besar Hj Mastunik tersebut. “Kami hanya bisa mendoakan semoga mereka menjadi anak-anak yang soleh dan solehah, serta dimudahkan semua cita-citanya. Yang terpenting lagi, menjadi manusia yang bermanfaat,” ujar Bacabup Jombang asal Desa Gedangan, Kecamatan Mojowarno, yang sudah mendaftar di enam partai politik (parpol) ini, diantaranya PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra. (rief/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here