Saat Idul Fitri, Inilah Silaturahim Umat Kristen dengan Warga Muslim di Bareng Jombang

Kegiatan silahturahmi Umat Kristen kepasa umat Islam di Hari Raya Idul Fitri. (Daniel Eko).
  • Whatsapp

BARENG, KabarJombang.com –  Silahturahim antara umat Kristen kepada umat Muslim saat Lebaran mencerminkan keberagaman agama di Kota Santri, Jombang.

Pemandangan yang nampak berbeda dari kerukunan umat beragama di Kabupaten Jombang ini terjadi ketika Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 M saat ini.

Baca Juga

ucapan idul fitri kapolres jombang
ucapan idul fitri sadarestuwati
ucapan idul fitri PUPR
ucapan idul fitri Bappeda Jombang
Ucapan Idul Fitri Jombang
iklan bank jombang kredit
ucapan idul fitri BPKAD jombang
ucapan idul fitri BKDPP jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
ucapan idul fitri Disdik jombang
ucapan idul fitri dishub jombang
ucapan idul fitri PKB
ucapan idul fitri kemenag jombang
ucapan idul fitri satpol pp jombang

Momentun lebaran diisi dengan kegiatan berkunjung dan bersilaturahmi. Umumnya dilakukan kepada keluarga yang memiliki keyakinan sama.

Lain halnya yang dilakukan salah satu keluarga di Kecamatan Bareng, Jombang. Ferdiana Eka Prawitasari mengatakan, bersilaturahim kepada keluarga yang beragama Islam sebagai bentuk perhatian kepada saudara yang berbeda agama.

“Perbedaan keluarga berbeda agama ini sudah ada sejak lama. Memang kakek dan nenek saya sudah mempunyai saudara yang berbeda agama. Sehingga kami disini anak-anak, cucu, cicit dan keluarga besar masih  terjalin dengan sangat baik,” ungkapnya pada KabarJombang.com, Jumat (14/5/2021).

Perempuan asal Dusun Kupang, Desa Tebel, Kecamatan Bareng itu merasa bahagia dan senang bisa saling betemu dan berkumpul. Walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19, dia dan keluarga tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Melalui pertemuan ini kami semua bisa berbicara dengan akrab dan saling menghargai satu sama lain dengan menanyakan kabar dan berbagi cerita lainnya,” katanya.

Diana sapaan akrabnya itu, menuturkan jika silahturahim yang dilakukannya adalah tradisi dan sudah menjadi kebiasaan saat umat Islam merayakan hari raya.

“Kami umat Kristen semua berkunjung ke rumah yang beragam Islam. Kalau umat Kristen merayakan Natal, saudara dan tetangga kami yang beragama Islam bergantian datang ke rumah saudara kami yang beragama Kristen,”pungkasnya.

 

 

Berita Terkait