Terapkan Pendaftaran dan Pembelajaran Daring, Unwaha Tambakberas Target 1000 Mahasiswa Baru

Rektor Unwaha, Dr Anton Muhibuddin. (Foto: Muhammad Choirurrojikin).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Meski tidak meninggalkan cara lama yakni pendaftaran melalui luring di mana calon mahasiswa baru (maba) mendaftar melalui kesekretariatan, Universitas KH Abdul Wahab Habullah (Unwaha) juga menerapkan sistem daring. Calon maba mendaftar melalui jaringan internet.

Cara itu dinilai berhasil menyedot maba di tengah masa sulit pandemi Covid-19 seperti sekarang. Hingga saat ini tercatat sudah ada 673 calon maba yang sudah mendaftar di perguruan tinggi di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas itu.

Baca Juga

“Alhamdulillah hingga saat ini kampus Unwaha terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018 kita menerima 450 maba. Tahun 2019 maba 620 dan tahun ini insya Allah bisa lebih dari 1000 karena sampai hari ini yang mendaftar sudah 673,” kata Rektor Unwaha, Dr Anton Muhibuddin, Selasa (9/6/2020).

Ucapan KFM
iklan podcat Jombang
iklan Ramadhan bkad Jombang
iklan Ramadhan disdik Jombang
iklan Ramadhan Pupr Jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
iklan Ramadhan Satpol PP Jombang
iklan bank jombang kredit
iklan bank jombang nabung
iklan bank jombang

Anton mengatakan, tahun 2020 ini Unwaha menargetkan bisa menjaring 1.000 maba. Meskipun kondisi pandemi virus corona, target ini tidak diturunkan karena minat masyarakat dinilai cukup tinggi.

Satu hal yang diprediksi mendorong meningkatnya jumlah pendaftar melalui daring karena di Unwaha sendiri telah menerapkan metode pembelajaran sistem online. Hal ini yang kemudian menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Bagi Anton, pandemi virus Corona menjadi tantangan tersendiri bagi kampus Unwaha dalam soal penerimaan mahasiswa baru. Pembatasan tatap muka membuat kampus mengandalkan sistem daring.

“Saat ini, kami menggunakan sistem pembelajaran online dan offline (blended learning sistem). Terkhusus, di masa pandemi, kami memaksimalkan sistem pembelajaran online dan cukup berhasil sehingga bisa menjadi bahan promosi bagi kampus,” kata Presiden Core to Core Program JSPS Jepang.

Sejauh ini penerimaan mahasiswa baru di Unwaha dibuat dengan dua cara, sistem daring yakni mahasiswa mendaftarkan diri melalui web site dan luring dengan datang langsung ke kampus Unwaha.

“Kedua cara ini diharapkan akan membantu masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran namun terbatas pada jarak dan ingin merasa lebih nyaman,” tandasnya.

 

Berita Terkait