Siswi MI Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang, Sabet Juara 2 Kepramukaan Tingkat Jatim

Putri Maulidina Rizqiyah (11) alumni MI Miftahul Ulum Dero, asal Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Jombang dengan piala dan piagam yang disabetnya dalam lomba kategori Teknik Kepramukaan, yang Satuan Komunitas Pramuka Ma'arif Jawa Timur (Foto: Anggraini Dwi Sa'idah)
  • Whatsapp

KESAMBEN, KabarJombang.com – Pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Dero, Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, bernama Putri Maulidina Rizqiyah (11) berhasil membawa pulang piala dan piagam Juara 2 lomba kepramukaan tingkat Jawa Timur, dengan kategori Teknik Kepramukaan.

Lomba memperingati Hari Pramuka ke-59 ini, digelar Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif Jawa Timur. Bentuknya, berupa video lalu dikirim secara online ke panitia lomba.

Baca Juga

Dina -begitu Putri Maulidina Rizqiyah biasa disapa, mengaku, mengikuti perlombaan pembuatan video vlog tentang Teknik Kepramukaan itu karena diikutkan gurunya. Ia memilih membuat konten Semaphore.

Proses pembuatan vlognya, ia melibatkan beberapa orang. Mulai dari kakak, paman, dengan arahan dan bimbingan dari pembina Pramuka MI Miftahul Ulum Dero.

Setelah jadi, video tersebut dikirim ke pihak Jawa Timur dan diunggah ke Youtube. Hingga batas ketentuan panitia, videonya memperoleh like sebanyak 36 ribu.

“Dari vlog yang sudah dikirim ke Jawa Timur, saya mendapat informasi menang dan diundang ke Surabaya dan diwawancarai di TV9. Selain itu, saya mendapatkan piala dan piagam,” ungkap Dina, saat ditemui KabarJombang.com di kediamannya, Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Jombang, Minggu (16/8/2020).

Dina mengaku terharu dan bahagia saat mengetahui menang dalam lomba tersebut. Karena ia tidak menyangka akan menang. Pasalnya, saat perlombaan berlangsung, hanya Dina yang mengikuti perlombaan secara individu. Sementara lainnya, mayoritas berkelompok.

Disinggung soal ekstra kurikuler kepramukaan, Dina mengaku menyukai kegiatan Pramuka sejak kelas 4 MI. Sejumlah kegiatan pramuka, ia ikuti demi melatih jiwa praja muda karana-nya.

“Sebelumnya, saya juga pernah ke Cibubur untuk mengikuti Pergamanas II (Perkemahan Regu Penggalang Ma’arif NU Nasional) pada Februari 2019 lalu,” kata perempuan yang saat ini baru duduk di kelas 7 MTsN 4 Jombang ini.

Di akhir wawancara, Dina berharap, gerakan pramuka selalu dicintai generasi muda Indonesia, Karena menurutnya, kegiatannya sarat pengetahuan dan pelatihan mental.

“Saya cinta Pramuka, karena dapat melatih kemandirian sama mental saya. Semoga pramuka terus dicintai anak-anak seusia saya,” ujarnya dengan semangat.

INSTAGRAM

Berita Terkait