Pesantren & Pendidikan

Menunggu Seragam Gratis, Sejumlah Siswa SMP di Jombang Masih Pakai Seragam SD

JOMBANG, KabarJombang.com – Meskipun terdapat beberapa siswa kelas 7 tahun ajaran baru ini yang sudah membeli seragam secara mandiri, namun, masih ada beberapa siswa yang menggunakan seragam Sekolah Dasar (SD) menunggu hadirnya seragam gratis.

Dalam pantauan Kabarjombang.com di beberapa titik Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jombang ada beberapa siswa yang terkadang masih menggunakan seragam SD ketika masuk ke sekolah.

Padahal status pelajarnya sudah di tingkat SMP. Seperti I, salah satu siswa yang baru saja masuk di tahun ajaran baru ini di salah SMP Negeri di Jombang yang menuturkan, memang sementara dirinya masih memakai seragam lama.

“Masih pakai yang lama. Masuk ke sekolah (SMP) ya baru tahun ajaran baru ini,” katanya pada Rabu (17/8/2022).

Ditanya alasan masih menggunakan seragam lama, ia menjawab sederhana, karena belum membeli seragam yang baru. “Belum beli yang baru,” ujarnya.

Apakah dirinya termasuk siswa yang sudah di data untuk mendapatkan seragam sekolah gratis, I menuturkan, bahwa orang tuanya mengatakan memang mengatakan akan ada seragam gratis yang diberikan.

“Kalau kata orang tua saya nanti ada seragam gratis dari sekolah,” ucapnya.

Lalu juga ada S, siswa baru di salah satu sekolah SMP Negeri di Jombang, yang masih menggunakan seragam lama sekolahnya. Ia mengatakan alasannya masih menggunakan seragam lama, karena masih belum punya biaya untuk beli seragam baru.

“Di rumah belum ada seragam sekolah baru, jadi pakai yang lama,” jawabnya.

Soal seragam gratis yang banyak berkeliaran di media akan diberikan kepada siswa baru, S mengaku tidak tahu. “Saya tidak tahu, dari rumah hanya disuruh sementara pakai seragam lama saja,” tukasnya.

Sebelumnya, beberapa wali murid juga sempat mengatakan bahwa memang pihak sekolah sempat melakukan pendataan terkait pemberian seragam gratis bagi siswa baru.

Simpen (51) warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. Dirinya mengaku memang belum ada seragam gratis yang didapatkan oleh anaknya yang kini berada di kelas 7 SMP.

“Belum ada seragam gratis yang didapatkan sampai hari ini. Cuma kadang ingat, terkait adanya seragam sekolah masih menunggu keputusan dari pihak Pemkab sama Disdikbud Jombang,” ucapnya saat diwawancarai wartawan pada Senin (15/8/2022).

Lebih lanjut, terkait seragam apa yang nantinya diberikan, ia mengaku tidak mengetahui seragam apa yang diberikan, apakah itu baju batik, putih biru, pramuka maupun seragam olahraga.

“Kemarin saat bapaknya ikut kumpul itu, dikasih informasi kalau ada satu seragam yang tidak beli, tapi seragam apa itu, ya tidak tahu,” tukasnya.

Kemudian, wali murid lainnya, Alawi (39) warga Diwek, Jombang juga menuturkan hal serupa. Memang sampai hari ini belum ada bentuk nyata dari seragam gratis yang datang.

“Belum ada, kalau saya lihat di beberapa medsos memang katanya akan dibagikan kepada siswa baru tahun ini khususnya yang kelas 7. Tapi sampai sekarang informasi selanjutnya saya belum menerima pasti,” ungkapnya.(Anggit) 

Leave a Comment
Share
Published by
MG-2