Wisatawan Mulai Lirik Situs Petirtaan Sumberbeji di Ngoro

Situs Sumberbeji di Ngoro ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan.
  • Whatsapp

NGORO, KabarJombang.com – Penemuan situs petirtaan yang diduga merupakan peninggalan kerajaan Majapahit di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kapupaten Jombang menjadi berkah bagi warga di sekitar lokasi.

Sejak ditemukannya situs petirtaan lima bulan lalu, Desa Kesamben lambat laun berubah menjadi objek wisata baru bagi masyarakat. Setiap hari ratusan orang berwisata di sana. Bahkan, bila akhir pekan pengunjung bisa mencapai lebih dari 500 orang.

Baca Juga

“Ya bersyukur, ini merupakan berkah bagi warga di sini, juga warga desa sekitar. Mereka bisa membuka usaha untuk melayani pengunjung, baik jasa maupun berdagang,” jelas Wandoko Sukaya Yudha, Kepala Desa Kesamben, Jum’at (1/11/2019).

Ucapan KFM
iklan podcat Jombang
iklan Ramadhan bkad Jombang
iklan Ramadhan disdik Jombang
iklan Ramadhan Pupr Jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
iklan Ramadhan Satpol PP Jombang
iklan bank jombang kredit
iklan bank jombang nabung
iklan bank jombang

Seiring banyaknya wisatawan yang mengunjungi petirtaan Sumberbeji, geliat ekonomi juga mulai tumbuh di sana. Pedagang makanan, pedagang asongan hingga permainan anak-anak mulai bermunculan.

“Para pedagang dan penyedia jasa semakin banyak. Tidak hanya dari Desa Kesamben saja tapi juga dari luar desa,” ujar Wandoko.

Wandoko mengatakan, dari waktu ke waktu jumlah pengunjung sembakin banyak. “Semakin banyak yang datang untuk menyaksikan situs ini. Bisa sampai lima ratus orang bahkan lebih, biasanya Sabtu dan Minggu full, mas,” kata dia.

Dia berencana akan mengusulkan kepada pihak terkait untuk membuat pagar pembatas agar situs tetap terjaga. “Untuk menambah kenyamanan pengunjung, direncanakan kita akan bangun kolam renang khusus anak-anak, tidak jauh dari situs,” kata Wandoko.

 

 

Jurnalis: Anggit Puji Widodo

Editor: Muhammad Sholeh

Berita Terkait