Wabub Sumrambah Terpukau Melihat Warga Jombang Bantu Sembako dan Donor Darah

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah saat menghadiri kegiatan donor darah di Kelurahan Kaliwungu, Kabupaten Jombang. (M Faiz).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com Wajah kagum dan terharu begitu nampak di wajah Wakil Bupati Jombang, Sumrambah saat menghadiri pelaksanaan donor darah di Balai Kelurahan Kaliwungu, Kabupaten Jombang, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang merupakan inisiatif  Ketua RW setempat, Tjandra Iewanto mendapatkan apresiasi penuh dari Sumrambah. Dalam penjelasannya, Wabup Jombang, Sumrambah mengatakan jika kegiatan itu sangat bagus dan memperdulikan sesama warga.

Baca Juga

“Bagus, kegiatan ini sangat bagus karena turut juga membantu persediaan darah di PMI Jombang. Esensi yang utama adalah nilai kemanusiaan untuk peduli sesama,” ujar Sumrambah dengan wajah senang di hadapan sejumlah wartawan.

Mengambil pelajaran dari yang sudah dilakukan warga tersebut, Sumrambah menerangkan bahwa begitu pentingnya mensosialisasikan terhadap masyarakat langsung untuk membantu satu sama lain. Apalagi di musim penghujan, peran kegiatan tersebut diakui sangat berperan bagi Palang Merah Indonesia (PMI) di Jombang.

“Mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mau donor darah itu penting. Terlebih untuk mewaspadai masyarakat yang sakitnya butuh bantuan darah. Kita harus antisipasi penyakit saat musim hujan seperti DB (Demam Berdarah),” tukasnya.

Sementara di tempat yang sama, sosok yang mengadakan acara donor darah tersebut, Tjandra Iewanto mengatakan, kemungkinan stok darah di PMI Jombang mengalami penurunan. Sehingga menurutnya berinsiatif untuk mengadakan donor darah itu.

“Merupakan inisiatif saya sendiri. Untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI Jombang, Karena mungkin jatah (Stok Darah) agak kurang pak ya,” ungkapnya kepada awak media.

Tak sekedar mengadakan kegiatan itu saja, untuk menarik perhatian para warga di dusun setempat, Tjandra mengaku sengaja dan ikhlas untuk menghias pelaksanaan tersebut dengan menyediakan sejumlah sembako.

“Alhamdulillah dengan dana pribadi, warga sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan ini. Bingkisan ini hanya diberikan kepada warga yang sudah rela melakukan donor darah,” katanya.

Meski tak banyak, pihaknya berupaya agar apa yang dilakukan dengan rela masyarakat setempat manfaat dan bisa membantu ketersediaan stok darah yang ada di PMI Jombang.  Berdasarkan pantauan KabarJombang.com di lokasi, tampak satu persatu warga setempat melakukan donor darah dan menerima bingkisan.

“Masing-masing warga yang mengikuti donor darah, saya beri satu liter minyak goreng, satu kilo gula, dan dua kilo setengah beras. Kegiatan ini sudah ke-tiga kalinya,” imbuhnya memungkasi.

 

 

iklan bank jombang berita

Berita Terkait