Solusi Atasi ‘Tradisi’ Banjir di Beluk Jombang ala BBWS Brantas

Situasi Banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Jombang, Rabu (13/1/2021). KabarJombang.com/Anggraini Dwi/
Situasi Banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Jombang, Rabu (13/1/2021). KabarJombang.com/Anggraini Dwi/
  • Whatsapp

KESAMBEN, KabarJombang.com – Kepala BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Brantas Muhammad Rizal mengungkapkan akan dibangun saringan baru sementara, di atas trash rack begitupun dengan mekanisme pengambilan sampah untuk mengatasi banjir di dusun Beluk Desa Jombok Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.

“Untuk kali ini, agar tidak terjadi banjir lagi yang ada di Beluk ini rencana akan kami bangun saringan sementara dihulu jembatan, diatas trashrack yang akan berkerjasama dengan Pemda dan masyarakat,” ujarnya, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga

Selain itu, lanjut Rizal, untuk kedepannya pihaknya bersama pihak-pihak terkait akan melakukan mekanisme baru terkait pengambilan sampah yang ada ditrashrack.

“Terus kedepan mungkin ada beberapa hal yang akan dilakukan seperti mekanisasi pengambilan sampah di trash rack, mungkin kita pelajari untuk diimplementasikan,” katanya.

Sedangkan untuk jangka panjanganya pihaknya juga akan mempelajari pemanfaatan kolam retensi yang bertempat dihilirnya bangunan trash rack.

“Jadi air sungai nanti tidak hanya mengalir di Sipon tetapi juga lewat trash rack yang nantinya bisa dialirkan ke sungai brantas, dalam jangka panjangnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan jika sistem tempat pembuangan sampah (TPS) kedepannya juga akan dikoordinasikan dengan pihak Pemda setempat dan melakukan sosialisasi tentang disiplin membuang sampah kepada masyarakat.

Terakhir, Rizal mengatakan jika pada tahun ini akan meninggikan tanggul, mengingat dataran wilayah Jombak rendah.

“Di Jombok ini kan tanahnya juga rendah, dan tahun ini rencananya tanggul akan kita tinggikan,” pungkasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait