Manfaatkan Wayang Kulit, Satlantas Polres Jombang Edukasi Tertib Lalu Lintas dan Prokes

Tangkapan layar wayang kulit lalu lintas sosialisasi tertib lalu lintas dan patuh protokol kesehatan. KabarJombang.com/Istimewa/
Tangkapan layar wayang kulit lalu lintas sosialisasi tertib lalu lintas dan patuh protokol kesehatan. KabarJombang.com/Istimewa/
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Berbagai upaya terus dilakukan Satlantas Polres Jombang untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas di Kota Santri. Salah satunya dengan menggunakan wayang lalu lintas, untuk melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Rudi Purwanto mengatakan jika wayang kulit lalu lintas ini merupakan salah satu program unggulan, sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas dan meningkatkan protokol kesehatan.

Baca Juga

ucapan idul fitri kapolres jombang
ucapan idul fitri sadarestuwati
ucapan idul fitri PUPR
ucapan idul fitri Bappeda Jombang
Ucapan Idul Fitri Jombang
iklan bank jombang kredit
ucapan idul fitri BPKAD jombang
ucapan idul fitri BKDPP jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
ucapan idul fitri Disdik jombang
ucapan idul fitri dishub jombang
ucapan idul fitri PKB
ucapan idul fitri kemenag jombang
ucapan idul fitri satpol pp jombang

“Jadi, itu termasuk program unggulan Satlantas Polres Jombang terkait program Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim tentang Polbindes (Polisi bina desa). Polbindes itu anggotanya adalah Satlantas Jombang yang ditugaskan di desa-desa di wilayah Polres Jombang,” tuturnya kepada KabarJombang.com, Rabu (31/3/2021).

Tugas dari Polbindes ini yakni membantu memberikan informasi dan edukasi terkait lalu lintas kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Jombang. Dengan mendatangi desa-desa, kemudian jika ada kegiatan masyarakat yang membutuhkan Polisi maka Polbindes yang akan bertugas.

Dikatakannya, untuk melakukan edukasi kepada masyarakat salah satu cara ampuhnya yaitu dengan melakukan media wayang kulit lalu lintas. Seperti informasi tentang protokol kesehatan, informasi tentang lalu lintas, cara berlalu lintas yang baik dan benar.

Dalam hal ini yang berperan sebagai dalang wayang kulit lalu lintas adalah Kaur Bin Ops Satlantas Polres Jombang, Iptu Sartono.

“Dari situlah beliau melakukan edukasi-edukasi tersebut. Dan di desa-desa juga banyak penggemarnya, beliau juga tidak akan mendalang jika prokes di desa tersebut tidak memungkinkan,” ungkapnya.

Dengan melalui media wayang tersebut juga bertujuan untuk menurunkan angka laka yang ada di Kabupaten Jombang. Karena, dengan tidak secara langsung masyarakat mendengar dan menyimak bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar.

Berita Terkait