Pasien Covid-19 Tak Dikenai Biaya Selama Perawatan di RSUD Jombang

dr Puji Umbaran, Direktur RSUD Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG, Kabarjombang.com – Selama perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, pasien Coronavirus Disease (Covid-19) di semua status, tidak dikenakan biaya sama sekali. Sebab, seluruh biaya perawatan pasien ditanggung pemerintah.

Direktur RSUD setempat, dr Puji Umbaran, membenarkan pembebasan biaya selama perawatan pasein Corona.

Baca Juga

“Untuk semua perawatan pasien Covid 19, di semua status Covid-19 dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, maka biaya ditanggung pemerintah. Sumber dananya dari APBN, Kemenkes, maupun BTT APBD Kabupaten Jombang,” kata dr Puji Umbaran, Rabu (3/6/2020),

Diberitakan sebelumnya, tren pasien sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Jombang mengalami peningkatan. Pada Rabu (3/6/2020) pukul 16.00 WIB, tercatat 10 orang dinyatakan sembuh total secara klinis.

Virus Corona, kata dr Puji Umbaran, memiliki sejumlah kelemahan. Di antaranya, jika pasien yang terinfeksi Covid-19 dalam kondisi sehat, maka dengan sendirinya virus tersebut akan mati dan tidak berkembang.

“Perawatan dan pengobatan terhadap pasien Covid-19 adalah memberikan Anti Virus, Chloroquin (Klorokuin) dan Vitamin C dalam jumlah cukup, serta memberikan terapi psikologis berupa motivasi kepada pasien,” jawab dr Puji.

Selain itu, juga dilakukan evaluasi Swab setiap seminggu sekali kepada pasien Covid-19. “Secara teori, jika cara ini dilakukan, kemudian penderitanya secara psikologis juga sehat, maka virus ini akan hilang dengan sendirinya dari tubuh penderitanya, dan pasien itu akan sembuh,” sambung dr Puji Umbaran.

Virus ini, lanjut dr Puji, penularannya tergolong sangat cepat. Karenanya, pihaknya berharap agar masyarakat tetap dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, demi mencegah penularan virus Corona.

“Tidak boleh dianggap enteng. Masyarakat harus tetap waspada dan patuh pada protokol kesehatan, karena penularannya cepat,” pungkasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait