Olahraga

Porprov Jatim 2023 Berakhir, Prestasi Kontingen Jombang Turun

JOMBANG, KabarJombang.com – Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023 berakhir. Kabupaten Jombang turun peringkat.

Agenda Porprov Jatim VIII 2023 telah berakhir ditandai dengan penutupan di Stadion Gajah Mada Mojosari Mojokerto, Sabtu (16/9/2023) lalu.

Ajang olahraga dua tahunan ini berlangsung di beberapa daerah sebagai tuan rumah bersama, yakni Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto dan Kabupaten Jombang dimulai pada tanggal 9-16 September 2023.

Juara umum diperoleh Kota Surabaya dengan Raihan media 163 medali emas, sebanyak 125 medali perak dan 110 medali perunggu. Di posisi kedua Kabupaten Sidoarjo menancapkan diri sebagai yang terbaik kedua. Dengan perolehan medali dari 97 medali emas, 90 medali perak, dan 112 medali perunggu.

Untuk posisi ketiga ada Kota Malang yang dengan 74 medali emas, 52 medali perak, dan 80 medali perunggu. Sementara itu, untuk Kabupaten Jombang, terbilang prestasinya menurun jika dilihat dari posisi akhir dan Raihan medali emas.

Jombang yang ambil bagian menjadi salah satu tuan rumah, hanya finish di urutan 21, keluar dari peringkat 20 besar. Jombang, selama perhelatan Porprov hanya memperoleh 14 emas, 8 perak dan 29 perunggu.

Pastinya hasil ini sangat jauh dari target yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang dan KONI Jombang yang punya target masuk 10 besar di akhir klasemen.

Padahal, pada perhelatan Porprov sebelumnya, prestasi Kontingen Kabupaten Jombang duduk di peringkat 18. Peringkat Jombang itu diketahui usai KONI Jawa Timur mengumumkan perolehan medali peserta Porprov VIII Jatim 2023 kabupaten dan kota se Jawa Timur.

Sebelumnya, Bupati Jombang, Mundjidah Wahab menyampaikan harapannya, supaya capaian prestasi kontingen Jombang para Porprov nanti meningkat.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka acara konsolidasi dan Bimtek dalam rangka persiapan menuju Porprov VIII Jatim Tahun 2023 di Pendopo Kabupaten Jombang, Selasa (23/5/2023).

Untuk mencapai target, Mundjidah meminta kepada stakeholder terkait yakni KONI Jombang, Pengurus Cabang Olahraga, Atlet harus bersatu. Dengan menjaga kekompakan, mengorbankan semangat guna meningkatkan prestasi olahraga.

“Saya berharap perolehan medali kontingen Kabupaten Jombang dapat meningkat, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan prestasi Kabupaten Jombang pada Porprov 2023,” ucapnya

“Mengingat Kabupaten Jombang merupakan salah satu tuan rumah selain Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto,” tutur Bupati Mundjidah Wahab melanjutkan.

Target yang ingin dicapai yakni masuk 10 besar, juga melalui proses evaluasi pada Porprov VI sebelumnya yang dihelat di Lumajang. Dimana hasil evaluasi capaian prestasi dari Porprov VI, Kabupaten Jombang berada diperingkat 21. Selanjutnya pada Porprov VII di Lumajang kita berada diperingkat 18.

“Untuk itu pada Porprov VIII tahun 2023, kita harus dapat meningkatkan capaian prestasi kita di 10 Besar,” kata bupati.

 

Leave a Comment
Share
Published by
Anggit Puji Widodo