Olahraga

Kejurkab Bola Voli Antar SMA di Jombang 2023, SMAN Ploso Masih Terlalu Kuat

JOMBANG, KabarJombang.com – Turnamen bola voli antar SMA sederajat, piala Bupati Jombang 2023 telah berakhir Minggu malam (17/12/2023), mengukuhkan SMAN Ploso masih terlalu kuat dari lawan-lawannya. Terbukti mereka mampu mempertahankan gelar sebagai juara bertahan. Di pertandingan final putra kali ini yang mempertemukan antara SMAN Ploso vs SMKN 3 Jombang berakhir dengan skor 3 – 0 tanpa balas.

Pertandingan yang berlangsung di Gor Merdeka Jombang tersebut, sempat terjadi ketegangan antar pemain. Karena pada poin-poin terakhir di set yang ke tiga, yang mana itu adalah set terakhir bagi SMAN Ploso apabila mereka berhasil menang karena sudah unggul 2 – 0.

Dalam momen tersebut sempat terjadi kejar mengejar poin antar kedua tim yang sedang bertanding untuk merebutkan gelar juara. Sampai terjadi skor 24 – 24 dan diteruskan dengan sistem deuce. Yang akhirnya berakhir dengan skor 27 – 25 untuk kemenangan SMAN Ploso yang hanya bermain dalam 3 set tanpa perlawanan.

“Alhamdulillah tahun lalu kita juara 1 untuk tim voli putra dan putri. Ini merupakan pemain-pemain baru semua yang seluruhnya merupakan kelas 10 dan saya tidak ada target juara sebenarnya. Kita hanya berusaha bisa bermain dengan menampilkan permainan yang terbaik dan bisa menang dari setiap pertandinganya,” ujar Bangun Sukoco pelatih tim voli SMAN Ploso.

Ia mengingatkan kepada pemain-pemainya untuk selalu bekerja secara tim dan menjaga kekompakanya. Karena pemain-pemain voli dari SMAN Ploso semuanya juga bermain di club. Jadi tidak heran kalau secara skill mereka sudah siap untuk bertarung dan menjadi langganan juara.

“Anak-anak sebenarnya berlatih kerasnya sudah di club, kemudian di sekolah tinggal memoles dan menambah latihan beban. Karena mereka semua merupakan pemain voli yang sudah jadi,” jelasnya.

Alif Imam Sukoco selaku kapten tim voli SMAN Ploso mengatakan, untuk turnamen kali ini latihanya lebih keras. Walaupun ia dan teman-temanya satu tim sedang menjalani ujian semester, tapi tidak menghalangi semangatnya dalam mengikuti piala bupati 2023.

“Sehabis pulang dari ujian kita langsung menjalani latihan untuk persiapan supaya bisa menang. Sebelum turnamen ini kami banyak berlatih fisik dan ketahanan tubuh dengan tujuan agar stamina kami tetap terjaga,” ujarnya.

Agus selaku ketua panitia dan juga ketua harian Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Jombang mengapresiasi acara tersebut. Karena turnamen bola voli antar SMA, SMK, MA se-Kabupaten Jombang ini berjalan dengan lancar, aman dan tidak ada halangan apapun yang menganggu.

“Alhamdulillah sampai dengan selesainya final turnamen ini berjalan dengan lancar dan sportif. Baik dari tim yang kita undang, maupun dari suporternya semua berjalan dengan antusias dan semangat yang tinggi untuk mendukung tim kebangganya masing-masing,” tuturnya.

“Karena pesertanya adalah para pelajar SMA yang masih sangat muda. tujuan kami mengadakan turnamen ini juga untuk melakukan seleksi. Mencari atlit dengan bibit-bibit unggul khususnya pada cabang olahraga bola voli untuk persiapan kejurprov 2024 dan porprov di 2025 nantinya,” harapnya.

Wakapolres Jombang, Kompol Hari Kurniawan juga mengapresiasi terhadap para suporter yang hadir. Para suporter semangat yang luar biasa untuk mengawal tim jagoanya. Ia juga berterima kasih pada suporter karena menunjukan sikap yang sangat bagus dan damai.

“Para suporter mempunyai inovasi dan kreasi yang luar biasa. Gerakan dan variasi-variasinya dalam bentuk yel-yel maupun nyanyian patut kita apresiasi. Dan yang paling penting meskipun yang mereka dukung kalah tidak ada emosi maupun konflik yang terjadi,” ungkapnya

Turnamen bola voli antar SMA sederajat piala bupati Jombang ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 13 – 17 Desember 2023. Dengan peserta yang ikut sebanyak 48 tim putra dan 21 tim putri. Para juara dari turnamen masing-masing adalah.

Tim bola voli putri

Juara 1 : SMAN 1 Jombang
Juara 2 : SMAN Ploso
Juara 3 : SMKN Mojoagung
Juara 4 : SMKN 1 Jombang

Tim bola voli putra

Juara 1 : SMAN Ploso
Juara 2 : SMKN 3 Jombang
Juara 3 : SMKN Taman Siswa Mojoagung
Juara 4 : MAN 6 Jombang
(Kevin Nizar)

Leave a Comment
Share
Published by
MG-1