Musim Hujan Stok Menipis, Harga Cabai di Pasar Mojoagung Melonjak

Pedagang cabai yang ada di Pasar Mojoagung, Jombang. (Foto: Daniel)
  • Whatsapp

MOJOAGUNG, KabarJombang.com – Harga cabai rawit dan merah di Pasar Mojoagung, Kabupaten Jombang, melonjak, Rabu (25/11/2020). Naiknya harga cabai rawit ini terus dirasakan dalam beberapa minggu terakhir.

Sholihah, salah satu pedagang pasar setempat mengatakan, beberapa hari ini harga cabai mencapai Rp 34 ribu per kilogram. Harga sama juga dialami cabai merah. “Memang beberapa komoditi di pasar tiap bulan, bahkan tiap minggu, mengalami kenaikan terus,” ungkapnya.

Baca Juga

Pedagang lain, Yasin, juga mengatakan hal sama. Menurutnya, beberapa hari ini harga jual cabai naik menjadi Rp 32 ribu per kilogram, baik cabai rawit dan cabai merah.

“Beberapa minggu lalu masih Rp 20 ribu per kilogram, saat ini naik terus. Padahal beberapa bulan yang lalu itu sempat seharga Rp 10 ribu per kilogram,” paparnya.

Ia menyebut, harga cabai rawit sempat di bawah harga cabai merah. Namun saat ini, harga cabai rawit sepadan dengan cabai merah.

Selain cabai, kenaikan harga juga terjadi pada sayuran, seperti tomat seharga Rp 10 ribu per kilogram. Serta kubis juga naik menjadi Rp 10 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga, mungkin karena musim penghujan tiba. Banyak sayuran busuk, jadi stok kurang tapi permintaan tetap banyak. Akhirnya berpengaruh pada harga,” katanya.

Ia memprediksi, kenaikan harga akan terus terjadi hingga Desember mendatang sampai menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2021. “Biasanya bulan Desember adalah puncak kenaikan harga sayuran dan komoditi lainnya,” pungkasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait