Mimbar S, Penyanyi Dangdut Kawakan Asal Jombang,  Tinggal di Rumah Kontrakan Sempit

Rumah kontrakan Mimbar S di Desa Mojokrapak, Tembelang, Jombang.  (Ft: Muji Lestari).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Mimbar S Arama (62), penyanyi dangdut asal Jombang, terkenal di era tahun 90 an. Senin (12/10/2020) meninggal dunia setelah sekitar satu tahun mengalami stroke.

Sejak saat itu, hari-hari Mimbar S lebih banyak berada diatas kursi roda. Selama itu pula, Mimbar S juga menjalani terapi non medis.

Baca Juga

Namun, tak banyak yang tahu, bahwa ternyata kehidupan penyanyi yang sukses dengan lagu ciptaan Fazal Dath, Mana Janjimu ini jauh dari kata layak.

Sejak tiga tahun terakhir, Mimbar S dan keluarganya tinggal di sebuah rumah kontrakan yang sederhana berukuran cukup kecil di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Jombang.

Di rumah tersebut, Mimbar tinggal dengan istrinya Jiyah (45) dan kedua anaknya, Agus Deni Setyawan (22) serta putri bungsunya, Maulida Putri Ulinuha (13).

“Pak Mimbar meninggal dimakamkan di Sariloyo, rumah orang tuanya. Beliau tinggal di rumah ini sudah tiga tahunan hampir barengan sama saya. Dulu Pak Mimbar itu penyanyi dangdut terkenal saya tahu dulu lagunya sekarang lupa judulnya,” terang Uminingsih, tetangga Mimbar S.

Mimbar sendiri kembali ke Jombang setelah sempat sukses menyanyi di Jakarta sejak tahun 90-an silam. Di Jombang, sebenarnya kehidupan yang dijalani Mimbar S tak jauh berbeda, tetap menggeluti dunia menyanyi.

Meski tak setenar di Ibukota, di Jombang Mimbar S masih beraktivitas dengan dunia dangutnya. Dia sering menyanyi dari dari panggung ke panggung. Job manggungnya tak pernah berhenti.

Bahkan, selama ini Mimbar juga mengajarkan bakat tarik suaranya itu. Sudah banyak penyanyi dangdut dari beberapa grup orkes di Jawa Timur yang sukses dan belajar di rumah Mimbar S.

Namun, kondisi itu tak banyak merubah kehidupan ekonomi keluarganya. Sebab, di hari-hari akhir hidupnya, Mimbar S justru tak memiliki tempat tinggal sendiri dan hanya mengontrak di sebuah rumah kecil itu.

“Hari-harinya tetap menyanyi, selama ini banyak yang datang ke rumah belajar, bapak Mimbar ini juga mengajari nyanyi, muridnya banyak, sudah banyak yang sukses menyanyi pula,” kata Hermanto (45), anak angkar dari Mimbar.

Seperti diberitakan, penyanyi dangdut yang mengawali karirnya dari juara pertama  lomba karaoke tingkat Jawa Timur Aneka Ria Safari th 1991 di Surabaya. Mimbar S menghembuskan nafas terakhir di rumah kontrakannya nya di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Minggu (12/10/2020) tepat pukul 19.00 WIB.

Mimbar meninggal dunia setelah mengalami stroke sejak satu tahun terakhir. Pria kelahiran 62 tahun silam ini meninggalkan seorang istri dan dua orang anak di Jombang.

Sebelum dimakamkan, jenazah Mimbar S Arama disemayamkan di rumah orang tuanya di Dusun Sariloyo Desa Sambongdukuh. Dia kemudian dimakamkan di pemakaman umum desa setempat pada pukul 08.00 WIB.

Mimbar S Arama sendiri terkenal setelah album pertama dengan label Mana Janjimu dirilis pada 1992 silam. Selain lagu mana janjimu ciptaan Fazal Dath, ada juga beberapa lagu lain yang dikenal oleh pecinta dangdut. Diantaranya  Kejamnya Cinta (ciptaan  Aziz  Thalib) dan Kau Tak Jujur (ciptaan Asmin Cayder) serta delapan lagu lainya.

Sejak sukses dengan album pertamanya itu, Mimbar S kemudian mulai meniti karirnya di dunia tarik suara di Jakarta selama sekitar 3 tahun sebelum akhirnya, dia kembali lagi ke kampung halamannya di Jombang.

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait