Konsumsi Kentang Rebus, Bermanfaat Jaga Tekanan Darah

Kentang. (Ft: Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com- Kentang menjadi salah satu sayuran favorit bagi banyak orang bukan hanya di Indonesia tapi juga di banyak negara lainnya.

Bahkan kentang juga merupakan salah satu makanan pokok di negara-negara barat. Selain mudah ditemukan, kentang juga sangat mudah diolah sayur sup, kentang goreng, atau donat kentang.

Baca Juga

Selain lezat, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Kentang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks, C, hingga asam folat. Dalam kentang juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamur, dan pestisidal.

Untuk mendapatkan nutrisinya secara utuh, ada baiknya kamu mengonsumsi kentang murni hanya dengan direbus tanpa tambahan bahan apapun. Berikut 7 manfaat kentang rebus bagi kesehatan yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (23/3).

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat kentang rebus yang pertama dapat meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat kentang rebus ini dikarenakan adanya kandungan karotenoid di dalamnya yang dapat membantu menjaga fungsi jantung dengan baik.

Selain itu, vitamin C dan B6 yang terdapat dalam kentang juga dapat membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

  1. Mengontrol Berat Badan

Manfaat kentang rebus berikutnya yang paling umum diketahui adalah cocok untuk mendukung program penurunan berat badan. Mengonsumsi kentang rebus sebagai makanan pokok tidak akan mengakibatkan penambahan berat badan. Justru sebaliknya, akan mengurangi berat badan, tetapi dengan ketentuan kentang yang direbus tersebut tidak ditambahkan garam, keju, ataupun mayones.

Selain itu, kandungan serat pangan di dalam kentang berfungsi sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Hal ini bisa bantu kamu untuk mengonsumsi makanan dan tubuh tetap memiliki energi cadangan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

  1. Bebas Gluten

Manfaat kentang rebus berikutnya didapat dari adanya kandungan bebas gluten. Gluten merupakan jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian, seperti biji gandum. Meskipun kentang bebas gluten, tetapi tidak semua resep makanan dari kentang benar-benar bebas gluten.

Beberapa hidangan kentang yang mengandung gluten seperti dalam saus, atau roti kentang. Kalau kamu memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten, pastikan terlebih dahulu untuk membaca daftar bahan lengkapnya, jangan sampai ceroboh karena akan merugikan diri sendiri.

  1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Manfaat kentang rebus berikutnya dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf dan fungsi otak. Kandungan vitamin B6 dalam kentang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf.

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia otak seperti serotonin, dopamin, dan noreprinefrin. Kalium dalam kentang juga bisa mendorong pelebaran pembuluh darah dan membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain dapat meningkatkan sistem saraf dan fungsi otak, manfaat kentang rebus juga dapat melancarkan pencernaan. Manfaat kentang ini didapat karena adanya serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi serat juga bisa membantu mencegah jenis kanker tertentu terutama usus besar dan membantu mengatur kadar gula darah serta kolesterol.

Namun perlu diingat, bahwa kentang bisa mengandung alkaloid, solanin, dan chaconine yang beracun. Kentang yang dimasak pada suhu tinggi (lebih dari 170 derajat selsius) kemungkinan besar akan menghancurkan sebagian zat-zat beracun.

Akibat dari zat beracun ini bila dikonsumsi dalam jumlah banyak maka dapat menyebabkan sakit kepala, lemah, kram otot, dan bisa menyebabkan kehilangan kesadaran, dan koma.

  1. Mengandung Antioksidan yang Baik untuk Tubuh

Kentang sangat kaya dengan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas muncul. Seperti yang telah diketahui, kalau radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel tubuh.

Bahkan kumpulan radikal bebas diyakini sebagai salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan kanker. Penelitian dari Nutrition and Cancer pada 2011 menunjukkan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

Kamu bisa mulai mengurangi konsumsi nasi putih dan menggantinya dengan kentang rebus agar daya tahan tubuh terjaga dengan maksimal.

  1. Mengolah Nutrisi Menjadi Sumber Energi

Manfaat kentang rebus lainnya dapat dijadikan sebagai sumber energi. Manfaat kentang ini didapat karena adanya kandungan antioksidan.

Kentang rebus juga kaya akan vitamin B6 yang dapat berfungsi untuk memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Keduanya merupakan bahan bakar utama sebagai sumber energi bagi tubuh.

INSTAGRAM

Berita Terkait