Wanita Wajib Tau, Berikut 5 Tanda Vagina Tidak Sehat dan Berbahaya

ilustrasi
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Sama seperti organ tubuh lainnya, kemaluan yang dimiliki oleh wanita juga perlu dijaga. Namun demikian, menjaga vagina dengan sehat itu perlu mendapat perhatian yang ekstra.

Karena apabila terjadi masalah pada vagina, seperti adanya bakteri atau virus yang menyerang, maka bisa akan mengakibatkan beberapa penyakit yang membahayakan. Mulai dari infeksi bahkan berisiko memunculkan kanker.

Tak hanya teruntuk gadis yang usia masih dini maupun muda, untuk menjaga dengan baik alat kelaminnya. Melainkan bagi wanita yang usianya sudah dewasa atau lanjut, juga perlu membuat vaginanya aman dari penyakit yang berbahaya.

Lantas bagaimanakah cara mengetahui kondisi vagina kurang sehat? cukup mudah mengetahui tanda-tanda vagina yang kondisinya tidak sehat tersebut. Seperti 5 tanda berikut yang telah dihimpun KabarJombang.com dari berbagai sumber.

1. Vagina Kering

Vagina kering sering dialami oleh wanita yang akan atau sudah menopause. Akan tetapi, jika masih muda dan mengalami vagina kering maka itu bisa menjadi hal yang berbahaya.

Sebabnya, vagina membuat cairan yang fungsinya untuk melembabkan dan membantu menyingkirkan sel mati sehinga kondisinya tetap sehat.

Penyebab vagina kering antara lain pengaruh obat, stres berat, perubahan hormonal, kemoterapi, sabun, olahraga berlebih, minuman beralkohol dan merokok, serta adanya iritasi.

2. Bau Vagina Menyengat Tidak Sedap

Faktanya, setiap wanita memiliki bau vagina yang berbeda-beda dan punya aroma tersendiri. Namun, ketika vagina tidak sehat, maka akan terjadi bau yang tidak sedap, berbeda dari biasanya atau cenderung amis.

Jika mengalami hal seperti itu berarti vagina dalam keadaan tidak sehat, karena vagina terkena infeksi yang berasal dari kuman tertentu dan bakteri. Apabila sudah demikian, tidak ada salahnya jika langsung periksa ke dokter terdekat untuk mengetahui pasti gejala yang dialaminya.

3. Sensasi Gatal dan Terbakar

Rasa terbakar dan gatal yang terus-menerus bisa menjadi indikator sejumlah infeksi di vagina, yang bahkan dapat mempengaruhi kesehatan seksual anda.

Terdapat banyak faktor yang bisa menjadi penyebab vagina gatal, seperti infeksi jamur, iritasi terhadap produk tertentu, hingga risiko alami penyakit seperti infeksi menular seksual dan bakterial vaginosis.

Agar tetap nyaman dan aman, untuk memastikannya, anda membutuhkan pemeriksaan secara langsung pada rumah sakit terdekat agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Sakit saat Buang Air Kecil

Usai membuang air kecil, justru terasa legah bagi seseorang yang tidak mempunyai gejala penyakit. Namun demikian bagi orang yang terkena penyakit atau virus, saat kencing ataupun setelahnya akan mengalami rasa nyeri dan sakit.

Hal ini terkait dengan infeksi saluran kencing dan juga merupakan tanda utama infeksi bakteri vaginosis atau jamur, yang mengindikasi bahwa vagina anda dalam keadaan yang tidak sehat.

5. Perdarahan Usai Aktivitas Seksual

Salah satu gejala terbayak dari vagian yang tidak sehat adalah, sensasi nyeri saat dan usai aktivitas seksual.

Jangan anggap remeh, Anda memerlukan pengobatan medis dengan segera. Hal ini dapat mengindikasikan infeksi, kekeringan atau PMS. Secara tidak langsung, hal ini juga termasuk yang tidak normal dan lama juga menjadi perhatian penting, lho!

Nah, demikianlah beberapa tanda-tanda vagina pada wanita yang tidak sehat atau bisa dinyatakan dalam kondisi berbahaya. Maka dari itu gusy, bagi gadis-gadis yang usianya masih muda nih sangat perlu untuk menjaga dan merawat vaginanya sebaik mungkin.

Berita Terkait