Lolos Screening, Enam Penyintas Covid-19 dari Jombang Bersiap Donor Plasma Konvalesen

Lolos Screening, Enam Penyintas Covid-19 dari Jombang Bersiap Donor Plasma Konvalesen
Kantor UTD PMI Kabupaten Jombang di Jalan Adityawarman Jombang. Diana Kusuma
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – UTD PMI Jombang kembali menggelar screening dan pengambilan sampel pendonor plasma konvalesen dari penyintas Covid-19. Hasilnya enam orang yang lolos dan bersiap akan melakukan donor di PMI Sidoarjo Senin (3/8/2021) mendatang.

Kabag Pelayanan Medis UTD PMI Jombang, Siswojo menuturkan hingga Minggu (1/8) terdaftar delapan pendonor yang melakukan screening dan pengambilan sampel. Namun hanya enam orang yang lolos.

Baca Juga

“Kita membuka screening dan pengambilan sampel calon pendonor plasma konvalesen dari penyintas Covid-19 di Jombang dari beberpa hari yang lalu dari 8 pendaftar ada 6 orang yang akan melakukan donor plasma di PMI Sidoarjo,” tutur Siswojo pada KabarJombang.com Minggu (1/8/2021).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menampung para pendonor plasma konvalesen dengan serangkaian screening guna mencukupi kebutuhan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan di Kabupaten Jombang.

“Jadi sebelum melakukan pengambilan plasma konvalesen di Sidoarjo terlebih dahulu kita secreening, dan hasilnya nanti kita simpan di PMI Jombang untuk persediaan kebutuhan pasien Covid-19 di Jombang yang membutuhkan,”jelasnya.

Menurut Siswojo, sebelumnya telah terdapat 10 pendonor plasma konvalesen asal Jombang yang telah berhasil melakukan pendonoran. Jika ditambah 6 calon pendonor menjadi total 16 orang penyintas Covid-19.

Namun demikian Siswojo terus mengimbau kepada masyarakat penyintas Covid-19 untuk turut dalam kegiatan tersebut. Karena plasma konvalesen terbukti dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19.

“Saya imbau untuk para penyintas Covid-19 agar turut serta melakukan donor plasma konvalesen untuk membantu sesama karena terbukti bahwa plasma konvalesen terbukti dapat membantu pasien sembuh dari Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu untuk calon pendonor plasma konvalesen dapat melakukan screening dan pengambilan sampel di UTD PMI Jombang sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Untuk screening dan pengambilan sampel kita jadwal karena untuk pengiriman sampel harus kita lakukan secara bersama, untuk hari Minggu ini kita buka sampai pukul 20.00 WIB, bagi penyintas Covid-19 bila berkenan bisa langsung datang ke kantor PMI Jombang,” tukas Siswojo.

Berita Terkait