Buah Asam Keranji, Bisa Kurangi Kadar Kolesterol

Asam keranji. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Buah asam keranji memiliki cangkang berwarna hitam dengan tekstur beludru yang melapisi daging berwarna oranye. Bentuknya mirip seperti buah anggur. Buah berasa asam manis ini umumnya disukai anak-anak dan dimakan dengan cara mengisap dagingnya.

Di Afrika, buah ini disebut african velvet tamarind, sedangkan di Ghana dikenal dengan nama yooyi. Buah ini kaya akan vitamin C, memiliki persentase karbohidrat yang tinggi, dan protein dalam kuantitas kecil. Ditambah, terdapat jumlah serat yang baik untuk pencernaan.

Baca Juga

ucapan idul fitri kapolres jombang
ucapan idul fitri sadarestuwati
ucapan idul fitri PUPR
ucapan idul fitri Bappeda Jombang
Ucapan Idul Fitri Jombang
iklan bank jombang kredit
ucapan idul fitri BPKAD jombang
ucapan idul fitri BKDPP jombang
iklan Ramadhan Bappeda Jombang
ucapan idul fitri Disdik jombang
ucapan idul fitri dishub jombang
ucapan idul fitri PKB
ucapan idul fitri kemenag jombang
ucapan idul fitri satpol pp jombang

Oleh karena itu, asam keranji memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat buah asam kerani untuk kesehatan.

  1. Mencegah hipertensi dengan kandungan kalium

Manfaat asam keranji salah satunya adalah mencegah hipertensi, karena kandungan kaliumnya mampu mengendalikan detak jantung.

Selain itu, daunnya juga sangat diuretik (meningkatkan produksi urin) sehingga memudahkan jantung untuk memompa darah dan mengurangi risiko hipertensi.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dari seratnya

Manfaat asam keranji lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi asam keranji dapat memenuhi kebutuhan serat makanan kita. Serat dalam asam keranji ini sangat berguna untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Kandungan polisakarida non pati pun ikut andil dalam mengurangi kolesterol darah.

  1. Mengobati diabetes dengan meningkatkan sensitivitas insulin

Manfaat asam keranji berikutnya adalah dapat mengobati penyakit generatif seperti diabetes. Buah ini mampu menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Di mana kita bisa terkena diabetes jika kekurangan insulin tersebut.

  1. Mencegah anemia karena mengandung zat besi yang cukup

Mencegah anemia termasuk manfaat asam keranji bagi kesehatan. Jumlah zat besi dalam asam keranji mampu meningkatkan produksi darah merah yang diperlukan untuk mencegah anemia.

  1. Mempertahankan pencernaan yang baik dari adanya serat

Manfaat asam keranji selanjutnya adalah mempertahankan pencernaan yang baik. Kandungan serat makanan pada buah ini mampu melancarkan buang air besar sehingga dapat mencegah sembelit

Daging buah ini juga mengandung polisakarida non pati yang membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat dan mengurangi kolesterol darah.

  1. Menyembuhkan mata kering karena mengandung zat yang mirip musin pada mata

Menurut sebuah penelitian, senyawa yang terkandung dalam rebusan asam keranji ini mirip dengan musin di mata.

Musin adalah lendir yang bertugas melindungi dan melembabkan kornea. Oleh karena itu, senyawa asam keranji saat ini sedang direncanakan sebagai salah satu bahan untuk tetes mata sebagai pengobatan mata kering.

Kalium yang terkandung dalam asam beludru hitam juga ikut andil dalam menyembuhkan mata kering. Kalium membantu membuat mata lembab setiap saat.

  1. Meredakan kram menstruasi dengan kandungan analgesik

Kram saat menstruasi pasti membuat rasa tidak nyaman.  Untuk meredakannya, mungkin akan meminum obat analgesik. Perlu anda tahu, asam keranji termasuk salah satu sumber analgesik.

Ekstrak kulit batangnya memiliki analgesik yang signifikan untuk menghilangkan rasa sakit, termasuk kram menstruasi. Ini salah satu manfaat asam keranji yang diinginkan pengidap kram saat menstruasi.

  1. Memelihara kulit melalui kandungan vitamin C

Selain mengobati luka dengan baik, asam askorbat atau vitamin C asam keranji juga mampu merangsang pertumbuhan kulit yang sehat. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, kulit pun akan ternutrisi.

Vitamin C dalam asam keranji pun membantu tubuh memperbaiki jaringan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini juga baik untuk melawan penyakit kudis (yang disebabkan oleh kekurangan vitamin).

Yuk, coba konsumsi asam keranji. Nikmati rasa asam manis dan dapatkan manfaat sehatnya.

Berita Terkait