Bolehkah Kompres dengan Es Saat Asam Urat Kambuh?

ilustrasi
  • Whatsapp

KabarJombang.com – Asam urat alias gout adalah penyakit yang terjadi ketika ada peradangan pada sendi. Secara umum, kondisi ini muncul dikarenakan ada penumpukan kristal asam urat di dalam darah. Semua sendi tubuh bisa mengalami kondisi ini, mulai dari sendi di jari kaki, pergelangan kaki, hingga lutut. Penyakit ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala.

Salah satu gejala khas dari penyakit asam urat adalah nyeri dan pembengkakan pada sendi yang meradang. Penumpukan kristal terjadi karena kadar asam urat dalam darah tidak dikeluarkan melalui urine seperti bagaimana seharusnya.

Lantas, bolehkah pembengkakan yang muncul karena penyakit ini dikompres dengan es? Jawabannya boleh.

Dilansir dari halodoc.com, mengompres sendi yang terasa sakit dan bengkak menjadi salah satu cara untuk mengatasi gejala penyakit yang muncul. Saat mengalami kondisi ini, cobalah untuk mengompres bagian yang sakit dengan es yang dibalut kain.

Suhu dingin yang ditimbulkan dari kompres es bisa membantu mengurangi gejala nyeri. Selain itu, cara pengobatan ini juga disebut bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada sendi. Agar manfaatnya terasa maksimal, kompres sendi yang meradang secara rutin selama 1–2 hari. Tempelkan kompres pada kaki selama 10–20 menit, kemudian istirahatkan.

Kondisi ini tidak boleh disepelekan begitu saja dan harus segera mendapatkan penanganan medis. Pasalnya, penumpukan kristal juga bisa terjadi di ginjal dan saluran kemih. Pada kondisi yang parah, hal ini bisa menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal bahkan memicu terbentuknya batu ginjal atau batu pada saluran kemih.

Cara Pengobatan Lain yang Bisa Dicoba

Selain dengan kompres es, ada beragam cara pengobatan penyakit asam urat yang bisa dicoba. Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan nyeri dan pembengkakan yang muncul. Selain itu, cara pengobatan ini juga bisa membantu mencegah kondisi semakin parah, menghindari komplikasi, serta menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Berikut beberapa cara mengatasi pembengkakan dan nyeri akibat penyakit ini:

Obat-obatan

Salah satu cara mengatasi penyakit asam urat adalah dengan konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), atau kortikosteroid. Konsumsi jenis obat ini harus dengan resep dokter dan di bawah pengawasan tenaga medis. Dokter juga akan memberikan obat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat juga bisa membantu mempercepat pemulihan penyakit ini serta menghindari risiko komplikasi. Pengidap penyakit ini disarankan untuk rutin berolahraga, menghindari makanan yang berkadar purin tinggi, mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan tinggi kandungan gula, serta meningkatkan asupan protein untuk tubuh.

Berita Terkait