Kawasan Makam Tebuireng, Disterilkan dari Peziarah

Saat para santri membaca Al-qur'an di kawasan makam Gus Dur
  • Whatsapp

DIWEK, (kabarjombang.com) – Bagi peziarah yang ingin mengikuti Haul Keenam Gus Dur di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang, tampaknya harus lebih dulu melihat persiapan dari area pemakaman. Ini karena area komplek pemakaman Pondok Pesantren tersebut sudah disterilkan dari para peziarah.

Pantauan KabarJombang.com di lokasi, peziarah mulai banyak berdatangan di kawasan Ponpes Tebuireng. Disamping itu, hanya ada beberapa santri yang menggelar khatmil Al-Quran di area makam, yang berada di barat didalam Ponpes.

Baca Juga

Kompleks pemakaman Ponpes Tebuireng, selain makam Gus Dur, didalamnya juga terdapat dua makam pahlawan nasional yakni pendiri NU yang juga kakek Gus Dur, KH Hasyim Asy’ari, dan mantan Menteri Agama pertama RI yang juga ayah Gus Dur, KH Wahid Hasyim.

“Rangkaian inti acara haul Gus Dur baru akan dimulai pada pukul 17.00 wib hingga 20.30 WIB nanti, dan akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla,” ujar Lukman Hakim, salah satu panitia Haul Keenam Gus Dur.

Lukman menambahkan, sejumlah persiapan telah dilakukan panitia haul, seperti membersihkan kompleks pemakaman dan mempersiapkan semua perlengkapan acara yang diperlukan.

Sekedar informasi, peringatan Haul Keenam Gus Dur, yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, akan dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla. Selain itu, rencananya sejumlah tokoh nasional dan pejabat penting juga akan hadir. Diantaranya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Jatim Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Pengasuh PP Al Anwar, KH Maimun Zubair (Mbah Maimoen) dan beberapa Kyai lainnya. (ari)

INSTAGRAM

Berita Terkait