oleh

Jelang Musim Pancaroba, Warga Jombang Diminta Waspada Angin Kencang

JOMBANG, KabarJombang.com – Angin kencang, diprediksi bakal melanda Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ini terjadi seiring akan tiba musim pancaroba, peralihan musin kemarau ke hujan.

Hal ini seperti diungkapkan Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, Gunadi. Pihaknya mewanti-wanti agar warga Jombang, tetap berhati-hati dan waspada.

“Kami mengimbau, agar masyarakat selalu waspada dengan angin kencang yang bakal melanda akibat datangnya musim pancaroba. Terutama pada pohon-pohon besar rawan tumbang, yang akarnya sudah tampak ke permukaan,” katanya, Jumat (4/10/2019).

Gunadi menyampaikan, peralihan musim seperti ini sudah biasa terjadi. Pasalnya, ada tekanan udara di Samudera Hindia bagian utara yang mulai bergerak dari arah selatan menuju utara.

Fenomena alam ini sudah diprediksi akan terjadi sampai datang musim penghujan, dan juga berpotensi melahirkan bencana alam, seperti angin puting beliung.

Selain waspada terhadap pohon rawan roboh, pihaknya berpesan agar masyarakat menghindari bangunan yang rapuh ketika hujan disertai angin kencang.

“Jika terjadi hujan deras dan angin, sebaiknya menghindari bangunan yang sekiranya mudah terbawa angin, serta baliho-baliho besar,” pesan Gunadi.

Jurnalis: Anggit Puji Widodo
Editor: Arief Anas

Berita Lainnya